Jadi travel blogger
Image by Canva

Saya bukanlah orang yang suka bepergian apalagi  untuk travelling. Menurut saya lebih baik di rumah. Nggak kepanasan, aman dari polusi dan tempat ternyaman di dunia. Apa saja yang ingin dilakukan bisa. 
Namun setiap orang bisa berubah seiring perjalanan waktu dan tren. Bila dulu travelling dianggap suatu kegiatan yang cukup menguras kantong sekarang rasanya sudah jadi gaya hidup bahkan bisa dijadikan sebuah pekerjaan yang dianggap keren. Gimana nggak keren kalau bisa bersenang-senang namun dibayar? 

Mau Dong Jadi Travel Blogger

Nggak bisa dipungkiri bahwa kini travelling sudah berubah jadi gaya hidup. Maka referensi tempat-tempat wisata makin banyak dicari orang. Nggak heran jika tulisan tentang wisata, pageview-nya paling tinggi saya sudah mengalaminya. Dibandingkan tulisan tema lain, tema wisata paling laris manis di blog saya. Hmm, jadi travel blogger aja kah? 

Resolusi Traveling di Tahun 2019 

Menjadi Travel Blogger merupakan salah satu Resolusi Travelling saya di tahun 2019 ini. Doakan ya teman supaya bisa terkabul. Nah, untuk mewujudkannya saya membuat resolusi sebagai berikut:

1. Gali tempat wisata paling dekat dulu

Tinggal di Yogyakarta yang terkenal sebagai kota tujuan wisata di Indonesia merupakan sebuah keuntungan buat saya. Banyak sekali tempat tujuan wisata yang bisa diulas dan tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk transportasi. 

2. Belajar fotografi

Foto yang cantik tentu akan mengundang banyak pembaca ke blog saya. Memanfaatkan kamera digital dan smartphone juga bisa. Asalkan bisa mengambil sudut-sudut cantik yang tepat. 

3. Ikutan giveaway atau lomba berhadiah paket wisata gratis

Mupeng banget nih kalo bisa wisata tapi nggak keluar biaya banyak. Salah satu cara ikut giveaway atau lomba yang hadiahnya paket wisata. 

4. Gabung dengan komunitas travel blogger

Terus belajar dari teman-teman blogger yang sudah lebih dulu memulai sebagai travel blogger dengan cara blogwalking ke blog mereka, rajin baca ulasan wisata. 

5. Ikut menulis review di aplikasi wisata

Ternyata menulis review tempat wisata atau kuliner yang dapat dijadikan referensi bagi wisatawan juga cukup menguntungkan. Ada beberapa website atau aplikasi wisata yang memberi reward berupa perlengkapan traveling, pulsa, tiket pesawat sampai voucher menginap gratis juga ada. 

6. Minimal melakukan menulis artikel perjalanan wisata sebulan 4 kali

Nggak harus obyek wisata atau tempat kuliner yang wow sih. Jajanan murah di pinggir jalan yang enak juga bisa dijadiin tulisan. Pokoknya kalau keluar entah ke mana pun, usahain bisa jadi bahan tulisan. 

7. Kelompokan artikel wisata

Blog saya memang memiliki niche lifestyle, gado-gado yang bercampur apa aja ada. Bikin blog khusus jalan-jalan kayaknya belum mantap deh! Untuk menyiasatinya saya kasih label "jalan-jalan" khusus buat artikel yang ada sangkut pautnya dengan wisata. 



Destinasi Tempat Wisata Murah di Jogja

Jogja merupakan tempat wisata yang selalu asyik untuk dikunjungi kembali, tak heran jika banyak wisatawan yang rindu untuk kembali ke kota ini. Banyak lho tempat wisata murah di dalam kota Jogja yang bisa kamu kunjungi antara lain:

1. Museum Benteng Vredeburg

Wisata benteng Vredeburg
Image by wisatanesia.co

Masuk ke tempat ini nggak usah khawatir menghabiskan uang jajanmu karena dengan uang Rp.3000,- saja, kamu bisa berfoto dengan latar belakang bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1765, diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan sebelum Proklamasi Kemerdekaan sampai dengan masa Orde Baru, koleksi benda-benda bersejarah, foto-foto dan lukisan tentang perjuangan nasional. 

2. Malioboro


Jalan Malioboro
Image by sindonews.com

Datang ke Yogyakarta rasanya kurang lengkap jika tidak menyusuri Jalan Malioboro. Di sinilah tempat yang asyik untuk berbelanja baju batik, menikmati lagu-lagu dari musisi jalanan atau sekedar nongkrong sambil selfie. Tak perlu mengeluarkan budget yang mahal juga untuk beli makanan di sini karena harga makanan cukup bersahabat.

3. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo
Image by alvarotrans.com

Belum puas berbelanja batik di Malioboro? Jalanlah sedikit ke Pasar Beringharjo, di sana kamu akan menemukan lebih banyak penjual pakaian, perlengkapan pengantin, kerajinan tangan, perlengkapan rumah tangga, makanan tradisional dan banyak lagi. Dan tetap waspada jagalah barang bawaanmu jangan sampai menjadi korban copet.

4. Titik Nol Kilometer Jogja

titik nol jogja
Image by jalanjogja.com
Jangan lupa untuk berfoto di Titik Nol Kilometer Jogja dan upload di akun Instagram kalian ya! Biarlah kenanganmu terus abadi sepanjang masa karena di sinilah tempat yang sungguh artistik untuk berburu foto. 

5. Taman Pintar

Taman Pintar
Image by Taman Pintar

Ingin mengajak anak-anak berwisata sambil belajar di Jogja? Nggak perlu bingung karena ada Taman Pintar yang letaknya tidak jauh dari Museum Benteng Vredeburg. Buka setiap hari Selasa-Minggu jam 09.00-16.00 WIB. Harga tiket Rp.10.000,- untuk anak-anak dan Rp.18.000,- untuk dewasa.

6. Taman Budaya Yogyakarta


taman budaya yogyakarta
Image by Gapura News

Berada di sekitar Benteng Vredeburg, bangunan ini biasa digunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan seni seperti pameran, pelatihan, pertunjukan, musik dan tari. Di sini juga biasa diadakan Festival Kesenian Yogyakarta.

7. Taman Sari

taman sari
Image by dokpri

Taman Sari atau sering disebut juga Istana Air (Water Castle) adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta. Tiket masuknya cukup murah hanya Rp. 5.000 rupiah untuk turis lokal dan Rp. 12.000,- untuk turis asing.

Meski sudah ada beberapa bagian bangunan yang hilang karena banyaknya rumah penduduk yang 'bertumbuh' di area istana ini, Taman Sari tetap jadi tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Kamu masih bisa mengunjungi tempat pemandian, lorong air, Pulo Kenongo, Sumur Gumuling dan melihat-lihat kegiatan dari desa wisata yang ada. 

8. Alun-alun Kidul


alun-alun kidul
Image by Jogjapedia.id

Tempat wisata asyik lainnya adalah Alun-alun Kidul. Cocok dikunjungi saat malam hari, di sini kamu bisa menikmati wisata kuliner yang cukup murah seperti Wedang Ronde, Sate, Tempura, Es Goreng dan Angkringan. 

Tips aman berwisata tanpa membuat kantong bolong

Maunya sih, sering-sering pergi piknik ke sana ke mari tapi kok tiap pergi selalu menghabiskan uang yang tidak sedikit. Nggak lucu dong, tiap pulang dari liburan harus mengencangkan ikat pinggang atau harus jual smartphone kesayangan? Nah, biar kejadian ini nggak terjadi dalam kehidupan kita, ada baiknya memakai tips hemat ala saya yuk!

1. Rencanakan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan

2. Cek promo tiket pesawat/kereta murah 

3. Sewa motor atau naik kendaraan umum

4. Makan di warung

5. Bawa bekal

6. Cari tempat wisata murah

7. Menginap di RedDoorz

Kenapa Harus menginap di RedDoorz?

RedDoorz memberikan 6 garansi layanan antara lain 

1. Wi-Fi gratis
2. Televisi satelit
3. Air mineral
4. Sprei bersih
5. Kamar mandi bersih
6. Perlengkapan mandi




0 Komentar