Ubah Jadwal Kereta Api 

Natal tlah tiba, horeee saatnya liburaaann. Berkumpul sama keluarga tentu jadi moment yang sangat ditunggu oleh semua orang termasuk saya. Mudik termasuk suatu tradisi bagi Indonesia saat hari raya. Saya juga ikutan mudik keluar kota. Transportasi yang saya dipilih adalah kereta api, baru pilihan kedua adalah bus.

Kereta api adalah transportasi yang nyaman, aman dan cepat. Nggak butuh waktu lama untuk menempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Purwokerto, hanya sekitar 4 jam saja lho! Cepat ya? Nggak heran kalo kereta adalah transportasi yang terus banyak peminatnya karena bebas macet beda kalo naik bus, wah bisa 7 jam hanya untuk Jogja-Purwokerto pas musim liburan begini. Pengalaman suami saya malah 10 jam waktu mudik lebaran.

Karena banyak peminatnya, sebaiknya beli tiket jauh-jauh hari dari jadwal keberangkatan. Bisa kehabisan lho! Nggak perlu datang ke stasiun buat beli tiket cukup secara online saja lewat aplikasi toko online atau KAI Access. Bayarnya bisa via ATM, toko seperti Indomaret/Alfamart atau mobile banking. Kalo males repot bisa minta tolong saya, he, he, he.

Tapi... setelah dibeli ternyata oh ternyata jadwal libur harus mundur berarti tiketnya percuma dong? Jangan khawatir sekarang bisa mengubah jadwal atau membatalkan tiket kereta kok! Syaratnya minimal 30 menit sebelum jam keberangkatan kereta.

Cara mengganti jadwal kereta
Doc. Pribadi

Berikut pengalaman saya saat mengubah jadwal kereta di stasiun Purwokerto

Ketika datang ke stasiun saya langsung tanya ke petugas dan bilang kalo saya mau membatalkan tiket keberangkatan kereta. Dia bilang saya harus ambil nomor antrian untuk loket pembatalan dan mengisi formulir dulu.

Formulir ganti jadwal
Doc. Pribadi

Setelah diisi saya mengantre di ruang yang sudah disediakan. Antrean cukup banyak, tapi karena keberangkatan saya bukan hari itu saya cukup santai. Akhirnya setelah menunggu sekitar setengah jam nomor saya dipanggil. Setelah dicek apakah kereta dan jadwal sudah sesuai dengan yang diinginkan, saya pun dimintai biaya sebesar 26 ribu yaitu 25% dari harga tiket. Lalu saya diberi tiket sementara dengan jadwal baru. Selesai.

Ternyata nggak sesulit yang saya bayangkan. Oya, jika kita mau mengubah jadwal salah satu penumpang tapi dengan satu kode booking, maka yang ditulis adalah nama penumpang yang akan pindah jadwal/batal berangkat.

Formulir pembatalan tiket
Doc. Pribadi

Kalau ingin mengubah jadwal, maka kita harus mengisi bagian nama kereta pengganti. Kalau dibatalkan maka kita mengisi yang di bawahnya yaitu pilihan cara mengambil uang yang sudah dibayarkan, mau transfer atau tunai. Saya sarankan lebih baik pilih transfer bank daripada tunai karena pengambilan hanya bisa di stasiun asal keberangkatan saja. Waktunya pun dibatasi minimal 30 hari setelah pembatalan.

Perubahan Jadwal Lewat KAI Acces

Setelah berhasil melakukan perubahan jadwal, saya lihat-lihat stasiun dulu. Dan baru menemukan informasi kalau perubahan jadwal kini bisa dilakukan melalui KAI Access. Ahh, telat kenapa nggak dari tadi coba? Waktunya kan nggak terbuang percuma buat antre.

Caranya tentu download aplikasi dulu di Google Play atau App Store dulu. Lalu buat akun KAI. Buka menu My Trips, pilih kode booking yang akan dilakukan perubahan jadwal. Pada menu E-ticket klik tombol "ubah jadwal" atau "pembatalan" sesuai keperluan. Catatan: hanya dapat dipilih jika kode booking berstatus lunas dan maksimal 24 jam sebelum waktu keberangkatan kereta.

Penumpang. Pilih nama penumpang, baca syarat & ketentuan kemudian centang untuk setuju. Lanjutkan proses ubah jadwal/pembatalan.

Kalau ubah jadwal lanjut ke cari tiket. Pilih stasiun asal, tujuan, tanggal dan klik "cari tiket". Pilih kereta sesuai dengan tanggal & waktu yang kamu inginkan. Konfirmasi Pemesanan, pastikan jadwal yang dipilih sudah sesuai.

Kalau pembatalan lanjut ke Akun Bank, untuk kepentingan refund atau pengembalian dana. Proses transfer ini dilakukan setelah hari ke-30 hingga hari ke-45 dan hanya melalui rekening bank ke salah satu penumpang dalam kode booking tersebut. Lanjut ke konfirmasi pembatalan. Pastikan tiket yang akan dibatalkan sesuai dengan yang kamu inginkan. Klik "konfirmasi dan lanjutkan" dan selesai, kamu berhasil melakukan pembatalan tiket.

Konfirmasi Pembayaran (ubah jadwal). Pada halaman ini akan ditampilkan harga tiket kereta baru, harga tiket sebelumnya, biaya perubahan jadwal dan total biaya yang harus dibayar. Biaya perubahan/pembatalan adalah sebesar 25% dari harga tiket yang lama. Jika harga tiket yang baru lebih tinggi maka harus membayar selisih harga tersebut. Jika  harga tiket baru lebih rendah, maka tidak ada pengembalian dana.

Wah, saya makin suka pakai jasa Kereta Api Indonesia nih kalau gini caranya. Harapan saya, semoga tahun 2019 akan ada fasilitas yang lebih baik dari PT. KAI baik sarana pemesanan tiket, pelayanan di stasiun, fasilitas umum dan kereta.




0 Komentar