Blogger

Jadi Blogger Pemula 

Blogger?

Apaan tuh? *tepukjidatsendiri.

Itu pertanyaan yang diajukan teman atau saudara ketika saya menjawab apa kegiatan saya sekarang. Aneh juga sih, kalau ada yang nggak tahu apa blogger itu. Jika orang itu mama saya atau orang-orang jaman dulu. Oke, mungkin ada yang bilang 'blogger' itu sejenis pekerjaan yang tidak terdaftar dalam daftar jenis pekerjaan di formulir-formulir. Profesi guru, polisi, pedagang, dokter, karyawan, kuli mungkin lebih familiar di telinga masyarakat kita. Namun, ternyata di dunia ini ada juga lho yang mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan hanya dengan menjadi seorang blogger. Di sinilah mata saya terbuka bahwa blogger bukanlah sekedar hobi tetapi bisa menjadi sebuah bidang pekerjaan yang menghasilkan.

Pengertian Blog

Blog berasal dari kata 'web' dan 'log' (WEBLOG) yang berarti catatan yang berada di situs internet. Atau secara lengkap pengertian Blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi yang dikelola secara teratur dan bisa diakses secara online. Sedangkan orang yang mengelolanya disebut Blogger. 

Kalau menurut pengertian saya sih, blog itu catatan online yang bisa dibuat oleh siapa saja, apa pun profesinya. Sedangkan Blogger adalah penulis dengan media catatan secara online. 

Awal mula Saya Ngeblog

Jujur alasan saya membuat blog bukan karena mau cari uang, hadiah atau hal yang sifatnya komersil. Saya mengenal blog baru sekitar tahun 2014. Lalu baru bikin blog ini di tahun 2016. Jadi saya termasuk newbie dalam dunia ini, belum tahu banyak tentang seluk-beluk ngeblog. Semua berawal dari keresahan saya mengenai bagaimana saya bisa menyimpan dokumentasi untuk naskah cerpen yang saya buat. Lama-lama jika saya biarkan saja dalam bentuk majalah atau buku tulis bakalan lapuk, iya nggak? Karena itu saya simpan di blog ini.

Kalau melihat awal-awal dari Catatan Yustrini, Sahabat akan menemukan berbagai tulisan yang berupa cerpen atau puisi. Lama-kelamaan saya mulai mengenal apa itu Giveaway blog, lomba blog, dari event-event itu saya mulai mengerti bahwa blog bisa menghasilkan.

Jika dihitung saya sudah menuai berbagai manfaat jadi blogger, pertama saya bisa belajar menulis dengan tekun, masa iya sudah punya blog dibiarkan saja kosong melompong. Tugas saya adalah membuat blog saya hidup. Ibarat melahirkan seorang anak yang butuh dirawat, diberi perhatian, demikian juga dengan blog yang sudah saya buat, harus diusahakan supaya tetap ada artikel yang diposting tiap bulan. Kadang saya juga nggak tahu harus menulis apa di blog ini. Akhirnya, saya ikut lomba blog supaya tetap menulis minimal sebulan ada yang saya posting. Dari lomba-lomba tersebut saya malah mengenal tentang teknik-teknik memposting blog lebih banyak dari awalnya saya cuma bisa memposting tulisan lalu memasukkan foto, video dan template.

Yang kedua, saya jadi punya bahan untuk di-posting di sosial media. Jadi nggak melulu memposting hal-hal yang biasa tapi berupa pengalaman sehari-hari yang saya tulis. Ketiga, saya jadi kenal dengan teman-teman sesama blogger. Ternyata ada orang-orang yang hidupnya justru mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger. Terakhir saya mendapatkan banyak bonus hadiah karena ngeblog. Saya sering ikut lomba ngeblog walau belum pernah jadi juara 1 atau 2, paling banter saya dapat juara 3, itu pun baru 2 kali. Selebihnya saya mendapat hadiah hiburan atau pemenang peserta paling cepat mendaftar lomba, he, he.

Menyiapkan Diri Menjadi Blogger di Masa Depan

Untuk saat ini, satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah ngeblog. Kenapa? Karena saya selalu diajarkan di gereja untuk memaksimalkan apa yang sudah ada pada saya untuk dikembangkan bahkan dikembalikan untuk kemuliaan Tuhan. Intinya, Tuhan tidak meminta sesuatu yang tidak ada pada umat-Nya. Berbekal kuota internet & smartphone saya mulai menulis dan membuat blog. Siapa sangka justru setelah menikah, ngeblog malah jadi kegiatan utama saya?

Saya percaya bahwa Tuhan sudah menyiapkan segalanya, selama ini apa pun yang dibutuhkan selalu Tuhan sediakan. Bahkan sampai terheran-heran kok saya bisa ada di sini, bisa punya hobi membaca, tertarik untuk menulis dan mulai jadi blogger di masa depan juga saat ini. Banyak orang di sekitar saya tidak mengenal profesi ini padahal jika ditekuni hasilnya melebihi dari gaji pegawai kantoran lho! Istilahnya blogger kerja kantoran tanpa harus ngantor dan bisa mengatur waktu kerja sesuka kita, di mana saja dan kapan saja. Asyik, kan?

Lalu dari mana penghasilan blogger? Pertanyaan ini pasti sering diajukan orang yang masih awam sama blogger. Kalau saya seringnya menjawab secara singkat, sederhana namun jelas bagi mereka. Blogger bisa dapat penghasilan dari review produk, iklan, jualan barang orang lain atau produk sendiri di blog, ikutan lomba blog dan giveaway. Sebagian mengerti ada juga yang masih belum paham juga jadi saya bilang, kalo saya nulis artikel dan ada orang yang mau beli di situ saya dapat duit, he, he. Oo gitu to, ya udah kamu bikin artikel yang banyak ntar dijual, biar kamu bisa beli rumah, (kata mama saya). Amiiinn.

Enak ya jadi blogger?

Hmm, nggak juga! Kenapa?

Jadi blogger itu enaknya bisa ikut event-event gratis, mencoba produk baru lebih dulu, bisa dapat ilmu baru, pengalaman baru, kenalan baru, paling bikin senang jika bisa menerima hadiah-hadiah semacam voucher hotel, voucher belanja, pulsa, uang, buku, handphone sampai jalan-jalan ke luar negeri. Nggak enaknya ya sering dicap sebagai tukang cari gratisan, pengangguran, kurang kerjaan nulis-nulis artikel & meliput acara. Hiks, sedih kan dicap gitu?

No matter what they say. Selama nafasku masih berhembus dan jantungku masih berdetak. Saya akan terus berjuang jadi blogger (sambil mengepalkan tangan).

Saya yakin bahwa peran blogger di masa depan pasti akan makin dibutuhkan, karena perkembangan teknologi akan membuat informasi secara digital makin dicari. Buat kamu para blogger, terus semangat ya!

Selamat Hari Blogger Nasional!



7 Komentar

  1. hemm, blogger itu awalnya tukang curhat diinternet. karena tulisan kita menarik. orang orang jadi suka membaca. dan mendapatkan nilat apresiasi berupa uang dan teman baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi semacam buku diary tapi online ya, he, he. Semua bisa baca dan diapresiasi. Beruntunglah kita hidup di masa kini. Curhat aja dapat reward. :)

      Hapus
  2. Salut sama semangatnya, buat blog 2016 dan sekarang bisa seperti itu, produktif sekali ya :')

    BalasHapus
  3. selamat hari blogger ya mbak :)
    happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Hari Blogger, Happy Blogging juga.
      Terimakasih :)

      Hapus
  4. Padahal lumayan lama saya ngeblog baru tahu kalo ada hari blog nasional hehhe

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.