7 Kriteria Blogger Keren (Menurut Saya).

Nggak terasa saya sudah mengasuh blog ini selama kurang lebih dua tahun lebih 4 bulan. Lewat blog saya banyak belajar menulis, memposting artikel, upload foto, jadi tahu istilah SEO, coba-coba ikut lomba blog sampai bergabung dengan komunitas nge-blog bernama Warung Blogger. Di sini tentunya berisi banyak sekali blogger-blogger keren yang sudah jauh lebih lama berkecimpung di dunia blogging, pahit manis dan getirnya dunia ini. Apalah artinya saya, seorang pendatang baru di dunia blogging dibanding dengan mereka. Lewat komunitas WB saya banyak belajar dari warga WB yang lain, di sini saya juga berbagi link dan saling mengunjungi rumah (blog) masing-masing. Alangkah sempitnya dunia saya jika tidak bergabung dengan komunitas keren yang saat ini sudah memasuki usia ke-7. Yeah! Selamat ulang tahun buat Warung Blogger, sukses selalu buat semua kegiatannya dan selalu bisa mempererat jalinan persahabatan antar blogger.



Ngomong-ngomong soal blogger keren, ini dia 7 kriteria blogger keren menurut saya:

1. Rajin Posting.
Syarat pertama seorang blogger disebut keren menurut saya adalah rajin posting minimal ya, seminggu sekali. Disebut keren sekali jika ia bisa posting sampai 30 artikel sebulan, itu artinya ia posting tulisan setiap hari minimal 1. Dengan catatan tentu yang diposting itu harus bermutu, nggak sekedar tulisan satu dua paragraf tapi isinya cuma curhat-curhat nggak jelas. Menjadi blogger yang produktif sekaligus berkualitas. Untuk mencapai kriteria ini, saya mulai dengan jadwal minimal saya nulis di blog satu minggu satu artikel meskipun sedang malas menulis.

2. Sering Menang Lomba Ngeblog.
Siapa yang setuju sama saya kalau blogger keren itu harus masuk kriteria ini? Sering menang lomba ngeblog dan bukan lomba-lomba yang lain apalagi juara makan kerupuk tingkat RT. Seorang blogger disebut keren jika ia sudah sering banget menang lomba blog, dapat dipastikan karena tulisannya di blog memang bagus, berkualitas dan layak untuk menang. Kalau saya sih, baru satu dua menang lomba blog paling banter ya juara 3. Jadi saya belum pantas disebut blogger keren dalam kriteria ini.

3. Punya Ciri Khas Tersendiri.
Saya suka kagum sama blogger-blogger yang punya niche beauty, teknologi, writing dibanding sama blogger yang isinya cuma buat ngejar lomba blog (seperti saya, he, he, he). Mereka itu kuat banget niatnya berbagi review produk kosmetik, cara dandan. review gadget, review buku. Menulis dengan satu tema yang sama menurut saya sangat membosankan tapi mereka tekun dan hasilnya blog mereka banyak pengunjung sampai mendapatkan tawaran kerjasama dari berbagai pihak. Wow, bisa dibayangkan kalau rejeki justru mengejar mereka yang konsisten sama satu niche atau tema saja.

Saya percaya kalau setiap blogger pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang rapi banget layaknya blog edukasi, ada yang dihiasi sama ilustrasi kartun lucu, ada yang full infografis, bahasa gaul, alay, formal sampai yang full image yang kalau dibuka lamaaa banget keluarnya. Tapi nggak papa, saya suka blog yang punya ciri khas. Jadi begitu klik, kita udah tahu kalau ini blog-nya si ini, si itu tanpa harus kebingungan cari nama pemilik blog yang kadang suka ngumpet entah di mana. Dan untuk masuk kriteria ini, saya sudah komitmen untuk bikin blog lagi yang isinya cuma review film. Doakan yaaa, supaya blog ini sukses. Amiiinn.

4. Nggak Pelit untuk Berbagi Ilmu.
Pafa umumnya, orang sukses itu suka berbagi ilmu sama orang lain, nggak mau menyimpan berkat untuk diri sendiri. Ingat kalau berkat itu mengalir seperti sungai, kalau udah nggak mengalir berarti air sudah berada di suatu tempat yang datar. Artinya stagnan, tidak ada kemajuan apa-apa. Yakinlah, air yang mengalir itu akan berakhir di samudera yang luas dan pengetahuan tentang menulis semakin lebar semakin luas. Jadi buat para blogger keren, rajin bagi ilmunya di blog kalian ya! Minimal pengalaman kalian ngeblog itu apa dan bagaimana kalian jadi sukses seperti sekarang?

5. Punya Banyak Teman.
Kriteria blogger keren selanjutnya adalah dia punya banyak teman dari berbagai macam kalangan, nggak cuma teman blogger saja. Seorang blogger keren punya banyak jaringan luas untuk menopang supaya blog-nya bisa diterima oleh banyak orang, selain itu dia punya lingkungan pergaulan yang luas sehingga bisa menulis tentang banyak hal.

6. Suka Bikin Giveaway.
Kalau yang ini saya pasti belum termasuk blogger keren. Dari dulu sebenarnya saya ingin bikin giveaway, tentu tujuannya buat nambah follower saya yang cuma seiprit, hiks! Tapi, saya nggak berani melakukannya. Selain belum ada ide giveawaynya bakalan kayak apa, sponsornya juga belum ada, he, he, he. Ntar aja deh, kalau blog saya ini sudah mulai banyak yang baca dan followernya naik minimal ada 10, gitu. Jadi nggak ketara banget kalau mau naikin followers, he, he.

7. Punya Penghasilan dari Blog.
Nah, kriteria ini yang paling jadi alasan banyak orang termasuk saya untuk mengelola sebuah blog. Bagi saya keren banget orang-orang yang hidupnya cuma menggantungkan diri lewat kegiatan ngeblog. Hanya ngeblog aja, nggak nyambi kerjaan lainnya. Berarti blognya memang udah punya daya tarik tersendiri sampai difollow banyak orang dan menghasilkan jutaan tiap bulan cuma lewat blog. Kalau kriteria ini saya masih jauh, deh! Tapi saya yakin bila setiap usaha yang ditekuni dengan sungguh-sungguh pasti akan menghasilkan, amin!

Nah, itu dia tadi kriteria blogger keren versi saya. Yuk! Jadi blogger keren!


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menu7uh Warung Blogger Lebih Baik: Yuk, Jadi Blogger Keren!