Langsung ke konten utama

Perempuan Hebat yang Mampu Mengubah Dunia dengan Kekuatan dan Kelembutan

Perempuan Hebat yang Mampu Mengubah Dunia dengan Kekuatan dan Kelembutan.

Kalau ditanya siapa sosok hebat dibalik seorang pria yang sukses, pasti jawabnya adalah perempuan yang ada di sekitar pria itu. Entah itu ibunya atau istrinya. Sebut saja mantan presiden BJ. Habibie, mantan presiden SBY, presiden kita Pak Jokowi dan masih banyak lagi. Saya yakin sosok ibu dan istri mereka yang berperan penting dalam mendukung karier mereka sehingga bisa berhasil.

Tak usah jauh-jauh mencari sosok perempuan inspiratif di sekitar kita. Sebut saja mama saya dan kakak perempuan saya. Merekalah yang menjadi perempuan inspiratif buat saya. 

Mengapa mereka begitu inspiratif?

1. Tahan uji.
    Di saat suami mereka tak dapat menafkahi keluarga, merekalah yang tampil untuk bergerak mencari sumber penghasilan. Kebutuhan ekonomi yang mendesak membuat mama lebih bekerja keras menghidupi kami, anak-anaknya. Papa dan mama bukanlah seorang pekerja kantor, mereka cuma memiliki toko kelontong yang dagangannya nyaris tidak ada. Mama berinisiatif untuk membuka warung makan dengan berbekal hobi masak dan bikin kue. Akhirnya, ekonomi kami bisa terselamatkan. 
    Sama juga dengan kakak perempuan saya, ketika suaminya keluar dari pekerjaan dan tak kunjung mendapat pekerjaan lagi. Ia berusaha mencari penghasilan lewat menjahit dan membuka usaha kue. Kini usaha kue inilah yang menjadi sumber pendapatan keluarga mereka.

2. Ibu super tangguh.
    Menjadi ibu pasti tidak mudah. Itulah yang dialami oleh mereka berdua. Kesabaran dan pengorbanan yang dicurahkan saat mendidik dan membesarkan anak oleh seorang ibu tidaklah terbatas. Sementara di sisi lain ada suami yang butuh perhatian, dukungan, dan juga butuh dihormati karena itu kebutuhan dasar seorang pria. Bayangkan kapan waktu me time mereka? 
Jadi ibu super tangguh pernah dialami mama. Ketika papa kerja ke luar kota dan kedua kakak saya juga bersekolah di luar kota. Mama dan saya hanya berdua di rumah tanpa siapa-siapa lagi. Jika dipikir-pikir kok bisa ya, mama mengurus rumah, toko, warung makan dan satu anak yang masih kecil di rumah sendiri? Wow, sosok ibu yang tangguh bukan? Belum lagi jika ada pria yang menggoda mama atau anaknya? Syukurlah, sampai hari ini kami berdua baik-baik saja.

3. Kekuatan yang Tidak Terduga.
    Energi yang dikeluarkan seorang ibu untuk mengurus keluarga tidak terbatas. Mama selalu tahu apa makanan kesukaan semua anggota keluarga. Nggak jarang mama memasak 5 sampai 8 macam menu sekaligus dalam sekali makan. Belum lagi jika menuruti kemauan saya yang dalam satu hari tidak mau makan, masakan yang sama. Duh, sekarang baru tahu, kalau masak terus itu capek. 
   Lain mama, lain kakak perempuan saya yang rela melembur saat ada pesanan kue. Di sela-sela kesibukannya, ia juga harus mengajari anaknya yang masih sekolah, mencuci baju, mengantar anak, memasak, mengurus suami, memasarkan kue. Wah, seabrek-abrek deh pekerjaannya. Tetapi semua itu dilakukan dengan cinta.

4. Tak tergantikan.
    Entah kenapa jika mama sedang pergi, rumah mendadak sepi. Walau semua pekerjaan digantikan oleh papa, tapi nggak ada yang beres. Hal ini saya alami saat mama menunggu nenek di rumah sakit yang terletak jauh di luar kota. Segala keperluan saya disiapkan oleh papa. Tapi nggak buat saya nyaman jadi rewel. Akhirnya papa menyerah dan menyusul mama ke sana.
    Kakak ipar saya juga demikian. Ia tidak bisa berbuat banyak ketika kakak perempuan saya dirawat di rumah sakit. Bisa mengantar anak ke sekolah, tapi tidak bisa memakaikan pita rambutnya. Padahal, anak perempuannya sedang ingin memakai pita rambut kala itu. 

5. Perempuan bijak.
    Yang dikatakan bijak di sini bisa berarti bijak dalam mendidik, bijak dalam bersikap, menghemat anggaran rumah tangga, dan bijak mengatur waktu. 
    Sikap bijak belum tentu dimiliki semua kaum wanita. Sebagai contoh, banyak wanita masa kini yang ketika suaminya jatuh bangkrut, tidak bekerja dan tidak punya uang malah digugat cerai. Atau sedang jatuh sakit malah dikembalikan ke rumah orang tuanya dan dibiarkan begitu saja. Kejam. Mana janjimu dulu? Ketika berjanji di hadapan Tuhan untuk saling setia saat suka maupun duka, saat sakit maupun sehat, saat senang maupun susah? 
    Janji inilah yang dipegang mama saat papa sakit dan tidak bisa lagi menafkahi keluarga. Mama dengan ikhlas menggantikan papa menjadi tulang punggung keluarga sampai kini anak-anaknya besar dan ada yang sudah menikah. 


Sebenarnya masih banyak perempuan di luar sana yang menginspirasi, namun saya di sini hanya ingin berbagi apa yang telah saya lihat dari sosok perempuan di sekitar saya yaitu mama dan kakak perempun saya. Bagi saya, mereka sosok yang luar biasa, kuat, tangguh dan memberi dampak bagi keluarganya. Menjaga keutuhan rumah tangga itu sangat penting di tengah-tengah masyarakat saat ini yang mudah sekali menyerah karena masalah ekonomi. 

Doa saya, semoga saya dan banyak perempuan lain pun bisa menjadi perempuan tangguh yang menginspirasi banyak orang, tak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan dan berjuang untuk masa depan yang gemilang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Novel] Love in Italy-Kisah Cinta 4 Sahabat di Kota Venice dan Verona

Menyusuri Kota Venice dan Verona Melalui Novel RomantisJudul buku  : Love in Italy-Kisah Cinta 4 Sahabat di Kota Venice dan Verona
Penulis     : Rofie Khaliffa
Penerbit    : Sheila
Tahun terbit : 2015
ISBN      : 978-979-29-5102-8“Dalam bentuk kata aku bicara, namun dalam bicara tidak bisa berkata. Sementara dalam cinta, aku tidak bisa keduanya. Itulah cinta di balik mentari yang tak terlihat oleh mata...”
-Juliet Capulet- (Hal 180)Kisah dimulai dari perkenalan tokoh bernama Juliet Capulet. Seorang gadis yang sangat menyukai kisah Romeo dan Juliet, sampai bermimpi untuk tinggal di Verona tepatnya di tempat rumah Juliet berada. Ia kuliah sekaligus bekerja di sana. Suatu hari ia bertemu dengan Pethra, mahasiswa dari Indonesia. Seorang pemuda tampan yang diam-diam menaruh hati kepada sahabat sejak kecil bernama Pelangi. Namun sayang, ia tak berani mengungkapkan perasaannya. Di sisi lain, Bizar teman Pelangi sejak SMA juga menaruh hati pada Pelangi. Bedanya Bizar terang-terangan menunjukka…

[Resensi Novel] Ailurofil

Ailurofil, novel pecinta kucing...Judul buku: Ailurofil
Penulis: Triani Retno A
Editor: Irna Permanasari
Desain sampul: Marcel A.W.
Layout: Ayu Lestari
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: pertama, 2016
Jumlah hal: 184 hl, 20cm
ISBN: 978-602-03-2547-7“Kalo perasaan sayang yang berlebihan pada kucing, disebutnya ailurofilia, pake ‘a’ di belakangnya. Kalo fobia alias takut banget-banget sama kucing, disebutnya ailurofobia atau felinofobia (hal 100).Nasya Aurelia sangat suka kucing. Ia bahkan rela direpotkan ketika kucingnya akan melahirkan. Menyediakan kardus bekas air minum. Membuat tempat senyaman mungkin untuk kucing kesayangannya itu melahirkan. Tapi siapa sangka, kucing itu memilih tempat yang lebih nyaman yaitu kasur empuk milik Nasya. Kehebohan di pagi buta pun tak terelakkan, ia berkutat dengan kegiatan membersihkan tempat tidurnya dan akibatnya terlambat ke sekolah.
Masalah timbul ketika Rio, cowok yang dipacarinya justru sama sekali tidak suka kucing. Apakah Nasya rela …

Menabung untuk Membeli Barang Impian dan Berhemat dengan ShopBack.

Menabung untuk Membeli Barang Impian dan Berhemat dengan ShopBack.
Sumber: google search menabung.(www.dwihadiatmaka.com/2016/02/menabung-untuk-masa-depan-itu-gampang.html?m=1)

Aku ingin begini... Aku ingin begitu...  Ingin ini, ingin itu, barang impianku..banyaaak sekaalii... Ahh, jadi bingung mau beli yang mana dulu. Hmm, perlu pilah-pilih dulu mana yang harus dibeli mana yang tidak ya? Apalagi mendekati waktu pernikahan, mendadak ingin beli peralatan rumah tangga yang bagus-bagus. Waa, jadi harus pintar-pintar atur uang buat kebutuhan rumah tangga. Dan menabung buat beli itu semua. Untung ada ShopBack, yang sedang mengadakan Kontes Blog dengan tema "Kamu Meminta, ShopBack Kabulkan." Nggak pake lama, aku langsung ikutannn. Yes! Thankyou ShopBack. 
Demam belanja online. Yang ini bagus, yang itu bagus, waa ini juga. Sering gitu nggak teman-teman kalo sedang browsing? Toko online kini sudah banyak sekali bertebaran di mana-mana kelihatannya ada di setiap media sosial yang ki…