Tampil #MemesonaItu Sebenarnya Mudah, Kitalah yang Membuatnya Sulit.

Definisi Memesona.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, memesona adalah kata kerja baku dari "pesona" yang berarti sangat menarik perhatian atau mengagumkan. 
Contoh kalimat : Tari-tarian Minang klasik dengan pakaiannya yang cemerlang sungguh memesona. 

Dalam bahasa sehari-hari, sering kali kita salah dalam menuliskan atau mengucapkan kata "mempesona" padahal yang benar menurut KBBI adalah "memesona".


Arti #MemesonaItu menurut versi saya.

Terkadang muncul di benak kita masing-masing, apa sih yang membuat sesuatu atau seseorang menjadi memesona? Apakah gerak-geriknya, kecantikannya, tutur katanya atau pakaian yang dikenakan? Hal inilah yang membuat definisi kata #MemesonaItu jadi berbeda-beda tiap orang.

Bagi saya, seseorang bisa dikatakan #MemesonaItu jika menampilkan diri yang terbaik, dalam arti kata mampu menjaga ucapannya, tingkah lakunya, berpakaian yang sopan dan mampu memaksimalkan potensi yang ada dalam dirinya. Tidak harus cantik dengan riasan wajah yang tebal, memakai baju mahal, atau memakai tas mahal. Tidak seperti itu. Lantas bagaimana caranya agar seseorang dikatakan memesona?

Langkah sederhana saya agar menjadi pribadi yang memesona:


1. Tersenyum. Dengan senyum kita dapat mencairkan suasana yang kaku dan tegang. Tersenyum kepada orang lain bisa menandakan bahwa saya senang bertemu dengan anda.

          Sudahkah senyum saya ini memesona? 

2. Banyak berdoa dan bersyukur setiap hari. Kita takkan bisa jadi lebih memesona jika senang menggerutu, mengeluh akan kehidupan yang sulit, masalah yang belum terselesaikan. Percayalah bahwa #MemesonaItu bisa diartikan terampil dalam mengatasi dan menghadapi segala persoalan.

3. Jaga ucapan dan tingkah laku. Ini sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan sesama. Banyak kasus yang terjadi sekarang, dikarenakan tidak bisa menjaga lisan dan menyinggung sekelompok kalangan tertentu yang berakhir di meja hijau.

4. Memakai pakaian yang baik. Kita tentu dilihat dari penampilan luar lebih dulu jika bertemu dengan orang lain. Apa jadinya jika kita bertamu ke rumah orang dengan pakaian yang kusut, kotor, sobek di sana-sini bisa-bisa kita diusir karena dikira pengemis. Tidak harus mahal, dengan sedikit trik kita bisa kok dapatkan baju berkualitas namun harga bersahabat dengan kantong kita. Seperti mengikuti bazar murah, berburu diskon atau mencari di toko yang sedang mengadakan promo.

5.Berkomunikasi dengan banyak kalangan. Yang menilai kita memesona atau tidak adalah orang lain. Dengan bergaul, kita jadi tahu kekurangan dan kelebihan kita dibanding orang lain.

6. Menggali potensi diri, bakat atau hobi yang bisa berguna bagi masa depan dan masyarakat luas.

7. Merawat diri. Tidak harus mahal, cukup menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita seperti Lidah Buaya, yang akhir-akhir ini menjadi favorit saya untuk merawat rambut dan wajah. Cukup buang bagian durinya, belah jadi dua, kupas kulitnya untuk mengambil gelnya dan oleskan pada rambut dan wajah. Diamkan 15 menit, cuci dengan air hangat. Wajah bersih dan rambut lebih berkilau pun bisa diperoleh tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

8. Berolahraga secara teratur. Badan yang sehat tentu lebih baik dibandingkan dengan badan yang sering sakit-sakitan. Dengan berolahraga, pikiran juga jadi lebih segar sehingga dapat mengerjakan tugas sehari-hari lebih fokus dan terarah.

9. Makan makanan bergizi dan seimbang. Selain berolahraga secara rutin, tubuh kita juga memerlukan makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Hindari makan gorengan dan perbanyak minum air putih yang dapat membuat wajah kita semakin cerah. Wajah cerah membuat pesona kita makin terpancar.

10. Tanamkan rasa percaya diri. Secantik apa pun kita, bila tidak percaya diri hanyalah sia-sia. Cobalah bercermin setiap pagi dan katakan, "saya cantik dan bahagia hari ini, semua pasti berjalan dengan baik". Barangkali diantara kalian ada yang mengatakan saya tidak cantik, saya gemuk, saya terlalu kurus. Percayalah, semua itu karena pola pikir yang ditanamkan oleh iklan produk kecantikan. Karena pada dasarnya Tuhan menciptakan semuanya itu baik adanya. Mulailah sekarang tampil lebih percaya diri.

11. Buat perencanaan. Tanyakanlah pada semua orang yang sukses. Apakah kesuksesan mereka terjadi secara tiba-tiba? Apakah mereka hanya menganut prinsip air mengalir? Tidak, mereka semua telah terbiasa membuat sebuah perencanaan. Jadi, jika hari ini kamu ingin tampil memesona, buatlah perencanaan apa sajakah yang harus dilakukan untuk membuat dirimu menjadi memesona? 




#MemesonaItu

Perempuan Hebat yang Mampu Mengubah Dunia dengan Kekuatan dan Kelembutan

Perempuan Hebat yang Mampu Mengubah Dunia dengan Kekuatan dan Kelembutan.

Kalau ditanya siapa sosok hebat dibalik seorang pria yang sukses, pasti jawabnya adalah perempuan yang ada di sekitar pria itu. Entah itu ibunya atau istrinya. Sebut saja mantan presiden BJ. Habibie, mantan presiden SBY, presiden kita Pak Jokowi dan masih banyak lagi. Saya yakin sosok ibu dan istri mereka yang berperan penting dalam mendukung karier mereka sehingga bisa berhasil.

Tak usah jauh-jauh mencari sosok perempuan inspiratif di sekitar kita. Sebut saja mama saya dan kakak perempuan saya. Merekalah yang menjadi perempuan inspiratif buat saya. 

Mengapa mereka begitu inspiratif?

1. Tahan uji.
    Di saat suami mereka tak dapat menafkahi keluarga, merekalah yang tampil untuk bergerak mencari sumber penghasilan. Kebutuhan ekonomi yang mendesak membuat mama lebih bekerja keras menghidupi kami, anak-anaknya. Papa dan mama bukanlah seorang pekerja kantor, mereka cuma memiliki toko kelontong yang dagangannya nyaris tidak ada. Mama berinisiatif untuk membuka warung makan dengan berbekal hobi masak dan bikin kue. Akhirnya, ekonomi kami bisa terselamatkan. 
    Sama juga dengan kakak perempuan saya, ketika suaminya keluar dari pekerjaan dan tak kunjung mendapat pekerjaan lagi. Ia berusaha mencari penghasilan lewat menjahit dan membuka usaha kue. Kini usaha kue inilah yang menjadi sumber pendapatan keluarga mereka.

2. Ibu super tangguh.
    Menjadi ibu pasti tidak mudah. Itulah yang dialami oleh mereka berdua. Kesabaran dan pengorbanan yang dicurahkan saat mendidik dan membesarkan anak oleh seorang ibu tidaklah terbatas. Sementara di sisi lain ada suami yang butuh perhatian, dukungan, dan juga butuh dihormati karena itu kebutuhan dasar seorang pria. Bayangkan kapan waktu me time mereka? 
Jadi ibu super tangguh pernah dialami mama. Ketika papa kerja ke luar kota dan kedua kakak saya juga bersekolah di luar kota. Mama dan saya hanya berdua di rumah tanpa siapa-siapa lagi. Jika dipikir-pikir kok bisa ya, mama mengurus rumah, toko, warung makan dan satu anak yang masih kecil di rumah sendiri? Wow, sosok ibu yang tangguh bukan? Belum lagi jika ada pria yang menggoda mama atau anaknya? Syukurlah, sampai hari ini kami berdua baik-baik saja.

3. Kekuatan yang Tidak Terduga.
    Energi yang dikeluarkan seorang ibu untuk mengurus keluarga tidak terbatas. Mama selalu tahu apa makanan kesukaan semua anggota keluarga. Nggak jarang mama memasak 5 sampai 8 macam menu sekaligus dalam sekali makan. Belum lagi jika menuruti kemauan saya yang dalam satu hari tidak mau makan, masakan yang sama. Duh, sekarang baru tahu, kalau masak terus itu capek. 
   Lain mama, lain kakak perempuan saya yang rela melembur saat ada pesanan kue. Di sela-sela kesibukannya, ia juga harus mengajari anaknya yang masih sekolah, mencuci baju, mengantar anak, memasak, mengurus suami, memasarkan kue. Wah, seabrek-abrek deh pekerjaannya. Tetapi semua itu dilakukan dengan cinta.

4. Tak tergantikan.
    Entah kenapa jika mama sedang pergi, rumah mendadak sepi. Walau semua pekerjaan digantikan oleh papa, tapi nggak ada yang beres. Hal ini saya alami saat mama menunggu nenek di rumah sakit yang terletak jauh di luar kota. Segala keperluan saya disiapkan oleh papa. Tapi nggak buat saya nyaman jadi rewel. Akhirnya papa menyerah dan menyusul mama ke sana.
    Kakak ipar saya juga demikian. Ia tidak bisa berbuat banyak ketika kakak perempuan saya dirawat di rumah sakit. Bisa mengantar anak ke sekolah, tapi tidak bisa memakaikan pita rambutnya. Padahal, anak perempuannya sedang ingin memakai pita rambut kala itu. 

5. Perempuan bijak.
    Yang dikatakan bijak di sini bisa berarti bijak dalam mendidik, bijak dalam bersikap, menghemat anggaran rumah tangga, dan bijak mengatur waktu. 
    Sikap bijak belum tentu dimiliki semua kaum wanita. Sebagai contoh, banyak wanita masa kini yang ketika suaminya jatuh bangkrut, tidak bekerja dan tidak punya uang malah digugat cerai. Atau sedang jatuh sakit malah dikembalikan ke rumah orang tuanya dan dibiarkan begitu saja. Kejam. Mana janjimu dulu? Ketika berjanji di hadapan Tuhan untuk saling setia saat suka maupun duka, saat sakit maupun sehat, saat senang maupun susah? 
    Janji inilah yang dipegang mama saat papa sakit dan tidak bisa lagi menafkahi keluarga. Mama dengan ikhlas menggantikan papa menjadi tulang punggung keluarga sampai kini anak-anaknya besar dan ada yang sudah menikah. 


Sebenarnya masih banyak perempuan di luar sana yang menginspirasi, namun saya di sini hanya ingin berbagi apa yang telah saya lihat dari sosok perempuan di sekitar saya yaitu mama dan kakak perempun saya. Bagi saya, mereka sosok yang luar biasa, kuat, tangguh dan memberi dampak bagi keluarganya. Menjaga keutuhan rumah tangga itu sangat penting di tengah-tengah masyarakat saat ini yang mudah sekali menyerah karena masalah ekonomi. 

Doa saya, semoga saya dan banyak perempuan lain pun bisa menjadi perempuan tangguh yang menginspirasi banyak orang, tak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan dan berjuang untuk masa depan yang gemilang.



Hunian Asyik Berbasis Internet, Cocok untuk Keluarga Modern.

Bisa melakukan apa saja dari rumah?


Wow, kebayang nggak sih, kalo kita bisa melakukan belajar, bekerja, bisnis dan rekreasi di rumah? Eits, jangan buru-buru bilang tidak ya! Karena sekarang telah hadir hunian cyberhome yang bisa membuat semua hal tadi jadi kenyataan. Dengan melakukan aktifitas di rumah kita bisa menghemat waktu, energi dan biaya yang terbuang untuk mencapai tempat di mana kita bisa belajar, bekerja, bisnis dan rekreasi. Bayangkan jika sebagian waktu kita yang tadi digunakan di jalan kita pakai untuk belajar, bekerja, bisnis dan rekreasi di rumah. Tentunya kita bisa lebih merasa efisien dalam memanfaatkan waktu.

Saya percaya bahwa sebagian masyarakat kita mengeluh dengan kemacetan, pekerjaan yang terbengkalai, bensin yang dibeli tiap harinya untuk menjangkau tempat kerja, sekolah, taman rekreasi dll. Selain itu berapa waktu yang dapat kita habiskan bersama keluarga? Sudahkah kita bayangkan tiba-tiba saja anak kita sudah besar tanpa kita mengenal pertumbuhannya saat anak-anak atau remaja? Berapa banyak yang kita buang di jalan?

Dengan adanya cyberhome, maka kita bisa belajar dari rumah, bekerja dari rumah, bisnis dari rumah dan rekreasi dari rumah. Mungkin beberapa dari kita masih belum mengenal apa itu cyberhome? Baiklah, kita belajar sama-sama ya teman-teman.

Pengertian Cyber Home.

Cyberhome adalah suatu perumahan Indonesia pertama yang memiliki internet tercepat dengan kecepatan 100 Mbps - 10 Mbps yang dapat menunjang seluruh kegiatan baik dalam belajar, bekerja, bisnis dan rekreasi.

Kecepatan yang dimiliki oleh perumahan ini memungkinkan penghuninya beraktifitas seleluasa mungkin menggunakan internet. Terutama para pebisnis yang berbasis teknologi tentu akan senang jika dapat mengelola dan mengolah data dari rumah karena tersedianya jaringan internet yang cepat.

Manfaat Cyber Home: 

Akses internet yang cepat memungkinkan kita melakukan pembelajaran secara online, mencari informasi apa saja dari sosial media seperti You Tube & Instagram. Video tutorial saat ini banyak tersebar melalui dua aplikasi itu. Jadi, mau belajar merajut? Belajar bahasa asing? Belajar bikin roti? Tinggal buka komputer, laptop atau smartphone. Taraa segala informasi ada di hadapan kita. Bahkan You tube bisa menjadi media belajar untuk anak-anak balita dalam mengenal suara, lagu, kosakata dalam bahasa asing dan lain sebagainya.

Bagi pekerja berbasis teknologi internet. Mereka bisa dengan mudah mengelola dan mengolah data hanya dari dalam rumah sambil mengawasi buah hati mereka.

Internet yang tersedia juga membuka peluang bisnis online. Jaman sekarang siapa yang nggak mau belanja online? Tinggal pilih, pesan, bayar, barang pun tiba. Nah, peluang inilah yang dimanfaatkan oleh pebisnis untuk berjualan online. Atau barang kali mau jadi penyedia jasa layan antar berbasis internet? Bisa lho!

Rekreasi dari rumah. Kita bisa streaming video, film, musik dan berbagai permainan lain tanpa batas. Juga dapat ber-sosial media sepuasnya tanpa keluar dari rumah.

Nah, ada beragam manfaat kan dari cyber home ini? Di dalam cyber home ini kita jadi penghuni yang produktif karena bisa mengerjakan kegiatan sekaligus dalam satu tempat. Jadi, fungsi rumah pun bertambah. Tidak cuma menjadi tempat berteduh, istirahat, kumpul dengan keluarga namun juga menjadi ladang tempat penghasilan bagi keluarga. Asyiknya lagi nggak perlu keluar rumah berjam-jam kena kemacetan, panas, polusi dan panas-panasan.
Ayo segera miliki hunian asyik berbasis internet. Di Indonesia sudah ada lho yaitu di Taman Sari Residence di Bogor.

Fasilitas Lengkap.

   






Legenda Tempat Wisata Baturraden

Legenda Baturraden

Diceritakan kembali oleh : Yustrini



Baturaden
Foto: koleksi pribadi

Pada jaman dahulu kala di sebuah kadipaten Kutaliman, Banyumas hiduplah seorang pemuda miskin bernama Suta. Ia mengabdikan diri pada Adipati Kutaliman. Sehari-hari ia bekerja merawat kuda-kuda milik Sang Adipati dan membersihkan kandangnya. Ia merupakan pemuda yang baik hati, rajin dan cekatan. Maka Sang Adipati pun sangat suka kepadanya.

Suatu hari Suta sedang berjalan-jalan di sekitar daerah Kutaliman jauh dari tempatnya bekerja ia mengagumi tempat itu karena sangat indah. Namun ia terkejut mendengar suara gadis berteriak ketakutan.

"Tolong...! Tolong...!"
Suta bergegas mencari sumber suara itu. Ternyata seorang gadis cantik sedang berhadapan dengan seekor ular yang sangat besar. Suta tidak langsung menolongnya karena ia sangat takut dengan ular. Ia memutuskan untuk lari dari tempat itu dan meminta bantuan.

Sesampainya di desa ia tak menemukan seorang pun di sana rupanya semua warga sedang menghadiri pesta pernikahan di desa sebelah. Suta hendak pergi menyusul warga ke sana.

"Ah, bagaimana dengan nasib gadis tadi? Bisa-bisa ia dimakan ular itu kalau aku tidak cepat-cepat menolongnya," ujarnya.

Ia menoleh kesana-kemari.

"Itu ada tongkat bambu barangkali saja bisa untuk membunuh ular besar itu," diambilnya tongkat itu dan berlari ke tempat sang gadis yang sedang dalam bahaya.

Setelah sampai Suta melihat ular itu mulai melilit tubuh sang gadis.

"Gawat, kini apa yang harus kulakukan?"

Ia ingat tongkat yang di tangannya. Ia berusaha memukul ular tersebut tapi rupanya ular itu sangat kuat. Butuh waktu lama akhirnya Suta bisa membunuh ular itu.

Tiba-tiba seorang pegawai wanita Adipati Kutaliman datang, "astaga apa yang terjadi dengan Raden?"
Suta pun terkejut mengetahui bahwa gadis yang ditolongnya adalah puteri majikannya.

"Untung aku menolongnya. Kalau tidak tentu Kanjeng Adipati akan bersedih kehilangan puterinya," ujarnya dalam hati.

Beberapa abdi dalem datang membawa puteri Adipati yang masih pingsan itu pulang.
Keesokan harinya sang putri telah pulih dari sakitnya.

"Bibi, siapakah kemarin pemuda yang telah menolongku dari ancaman ular?" tanya sang putri pada salah seorang abdinya.

"Oh, pemuda pemberani itu adalah salah seorang pegawai kanjeng Adipati yang merawat kuda-kuda milik kanjeng Adipati." jawab sang abdi.

Putri mengangguk-angguk senang. Ia turun dari tempat pembaringannya dan berjalan-jalan.

Sesampai di kendang kuda ia melihat pemuda yang kemarin menolongnya. Ia berjalan menghampirinya.

Suta terkejut melihat sang putri datang menemuinya. Ia memberi salam hormat pada putri majikannya.

"Ada apa gerangan hingga Raden datang ke kandang kuda?" tanya Suta.

"Tidak ada aku cuma mau mengucapkan terima kasih padamu Suta, apa jadinya kalau tidak ada kau di sana." ucap sang putri.

"Bolehkah jika hamba bertanya sekali lagi pada Raden?" tanya Suta dengan sopan.

Sang putri mengangguk," tentu."
"Kenapa Raden bisa ada di dalam hutan sendirian?" tanya Suta.

"Stt, jangan keras-keras. Aku sangat bosan dengan keadaan di sini jadi aku berjalan-jalan sendirian tanpa ada yang tahu," bisik sang putri.

"Bagaimana kau juga bisa ada di dalam hutan? Kudengar jam kerjamu sangat ketat? Apa kau juga pergi diam-diam?" sang putri balik bertanya.

"Tidak. Tentu saja hamba keluar seijin atasan setelah semua tugas selesai dikerjakan," sahut Suta.

Sang putri merasa lelah. Ia pun kembali ke kamarnya.
Besok paginya sang putri ingin berjalan-jalan ke daerah lain dari bagian Kadipaten Kutaliman. Tetapi ayahnya tidak mengijinkan kecuali jika para pengawal mengikutinya.

"Ayah, aku cuma seorang putri Adipati bukan putri raja. Kurasa menyuruh para pegawai untuk mengawalku sangatlah berlebihan," tolak sang putri.

Pada waktu itu secara tak sengaja Suta datang membawakan kuda untuk Adipati naiki karena sang Adipati juga akan berpergian ke luar daerah.

Putri tersenyum, "bagaimana kalau Suta saja yang pergi bersamaku? Keberaniannya sudah teruji waktu ia melawan seekor ular dalam hutan."

Sang Adipati pun setuju dengan usulan putrinya.
Pergilah keduanya ditemani seekor kuda dan seorang abdi dalem wanita berjalan-jalan di daerah sekitar Kutaliman. Sejak itu keduanya menjadi teman akrab bahkan sering keluar untuk berkuda bersama mengelilingi daerah kadipaten Kutaliman yang sangat luas.

Karena kebersamaan mereka terus terjalin hari demi hari, akhirnya keduanya saling jatuh cinta. Suta menimbang-nimbang keinginannya untuk melamar sang putri.

"Mungkinkah ayah Raden menerimaku sebagai menantunya?" tanya Suta dalam hati.

Namun sebelum niat itu diutarakan pada Adipati Kutaliman, salah seorang putra Adipati yang tak lain kakak kandung sang putri melihat keakraban di antara keduanya tidaklah biasa.

"Sepertinya Suta sudah melewati batasannya sebagai bawahan, aku tidak bisa membiarkan hal ini terus terjadi. Apa nanti pendapat warga kadipaten bila mengetahui seorang putri Adipati memiliki hubungan dengan seorang abdi?" Ujarnya.
Kakaknya itu langsung menemui ayahnya dan menceritakan semua yang dilihatnya.

"Bukankah tidak pantas jika seorang pengurus kuda sampai begitu akrab dengan putri ayah?" begitu kata sang kakak.

Adipati Kutaliman merasa sangat marah mengetahui hal ini. Ia memanggil salah satu pegawai kepercayaannya dan menyuruh agar Suta ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara.
Suta yang tidak tahu akan kesalahannya merasa bingung dan bertanya-tanya kenapa ia sampai dihukum begitu berat.

"Penjara bawah tanah adalah hukuman bagi orang yang melakukan kesalahan paling berat. Memang apa salahku?" tanya Suta pada pegawai yang membawanya ke penjara.

Tapi pegawai itu berkata tidak tahu.
Suta pun menjalani hukuman dengan tabah.
Di rumah Adipati Kutaliman, sang putri kebingungan mencari Suta. Ia pun datang bertanya pada ayahnya.

"Ayah, di manakah Suta? Kenapa sudah berhari-hari ini ia tidak datang untuk mengantarku berjalan-jalan?"

"Anakku, Suta telah pamit pada ayah untuk mencari pekerjaan lain di daerah ibukota. Tidakkah ia bilang kepadamu?" jawab Adipati berbohong.

"Tidak, ayah. Ia tidak mengatakan apa-apa padaku," sahut sang putri.

"Biar mulai hari ini kakakmu yang menemani jalan-jalan," hibur Adipati.

Sang putri mengangguk setuju. Ia pun pergi bersama kakaknya. Sepanjang perjalanan yang diceritakan hanya soal Suta, Suta dan Suta. Sampai kakaknya merasa bosan.

"Sudahlah, adikku. Jangan bicarakan soal Suta lagi, kau ini seorang putri Adipati yang sangat terpandang tidak pantas jika menyukai seorang kacung seperti Suta!" ujar kakaknya.

"Lagipula mungkin sekarang ia sudah mati di penjara bawah tanah yang mengerikan," lanjutnya.

Sang putri tersentak mendengarnya. Ia sangat sedih mendengar kakaknya berbicara seperti itu.

"Apa bedanya aku dengan Suta coba? Ia adalah pemuda yang tampan, baik dan suka menolong," ujar putri saat sudah kembali ke kamar.

Ia meminta salah seorang abdi kepercayaannya menengok keadaan Suta di penjara bawah tanah. Abdi itu pun berusaha menyusup ke penjara bawah tanah. Di sana keadaan Suta sungguh memprihatinkan karena jarang diberi asupan makanan. Dan juga keadaan penjara yang pengap dan kotor namun abdi kepercayaan putri tak bisa berbuat apa-apa karena penjagaan yang amat ketat.
Malam harinya, sang putri kembali menyuruh abdi kepercayaannya itu mencuri kunci penjara dan membebaskan Suta. Alangkah malangnya nasib Suta ketika dibebaskan oleh sang abdi. Suhu badannya panas sekali dan mengalami dehidrasi. Segera abdi itu menggendong Suta keluar dari penjara.

Di luar, Suta segera diberi makan, minum serta pakaiam yang telah disiapkan oleh abdi.

"Terima kasih sekali, kang. Jasamu tak akan pernah kulupakan," kata Suta setelah merasa lebih baik.

"Pergilah dari sini, Suta. Nanti di sudut perbatasan Raden menunggumu bersama seekor kuda," ujar abdi.

Suta pun pergi dengan menyamar seperti rakyat jelata. Ia terus berjalan melewati daerah Kadipaten sampai ke wilayah perbatasan Kutaliman.

"Suta...!" panggil seorang gadis.
Suta sepintas tak mengenali gadis itu karena pakaiannya sama dengan rakyat biasa. Setelah memandang wajah gadis itu tahulah Suta bahwa ia adalah putri Adipati yang sangat dicintai.

"Mari kita pergi dari sini, Suta." ajak sang putri.

Keesokan harinya, kediaman Adipati Kutaliman gempar mengetahui salah seorang putrinya hilang bersamaan dengan lenyapnya Suta dari penjara bawah tanah.

Segera semua pegawai Adipati Kutaliman mengejar kepergian mereka.

Suta sadar bahwa ada yang mencari mereka, segera mengajak putri menyeberangi sungai dan mendaki ke arah bukit. Berjalanlah mereka ke arah lereng gunung Slamet. Dan sampailah mereka di sebuah telaga pada malam hari. Mereka begitu lelah sehingga tertidur di telaga itu. Karena begitu sunyi mereka menamai telaga itu dengan nama Telaga Sunyi.

Tiba-tiba Suta kembali menggigil kedinginan, demamnya kambuh lagi. Mereka pun berjalan menyusuri hutan sampai tibalah mereka di sebuah sumber air panas. Suta pun duduk dekat sumber air itu sampai demamnya hilang.

Sang putri dan Suta hidup bahagia di lereng gunung Slamet dan di karuniai sepuluh putra-putri yang tampan dan cantik. Sampai di suatu hari Adipati Kutaliman menemukan keberadaan mereka. Ia sangat marah dan mengutuk mereka menjadi gundukan tanah. Sepuluh anak-anak juga berubah menjadi pancuran.

Hingga kini pancuran itu disebut Pancuran Pitu dan pancuran Telu. Karena kisah cinta antara seorang Batur yang artinya pembantu dengan seorang anak majikan yang dipanggil Raden maka masyarakat menyebut tempat itu dengan nama Baturraden.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Legenda Pariwisata Jawa Tengah 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.


Hadiah untuk Mama, Sumber Inspirasiku Bersama Elevenia

Keluarga adalah kumpulan dari orang yang aku sayangi, terdiri dari mama, kakak perempuan, kakak ipar, kakak laki-laki dan dua orang keponakan. Jika ditanya siapa orang yang paling aku sayangi di dunia? Jawabnya pasti mama. Kenapa? Hmm, ada alasan tersendiri sih. Mau tahu kenapa? Yuk, simak penjelasannya.

Saya adalah anak bungsu di keluarga saya. Menjadi anggota keluarga paling kecil, membuat saya mendapat perhatian lebih besar dibanding kedua kakak saya. Apalagi sejak masih umur satu tahun, saya sering sakit membuat mama menjadi mudah khawatir dengan keadaan saya. 


Mama, Super Hero buat Aku.

Saya yakin nggak mudah buat mama untuk berjuang membesarkan ketiga anaknya sekaligus mencari penghasilan. Sambil berjualan sembako dan warung makan, mama menyempatkan diri untuk menemani anak-anaknya bermain atau belajar. Belum lagi jika saya sakit, mama mengantar saya ke klinik dan sering tidak tidur di malam hari untuk menjaga kondisi saya. Jangan dikira hal ini hanya dilakukan sewaktu saya masih kecil saja, karena sampai saat ini mama pun terus berjaga di malam hari jika saya sedang sakit. Padahal, kini usianya sudah semakin senja. 


Saya belum bisa membuat mama bangga terhadap saya.


"Kamu nggak sekuat mamamu," ujar teman saya.
Saya mengerutkan kening, merenung. Mungkin ucapan temanku itu benar, saya tidak sehebat mama. Masih penakut, ragu-ragu dan tidak berani mengambil resiko. Hal inilah yang membuat saya belum juga sukses, meski terus berusaha. Usaha kue terbengkalai, belajar menjahit, belajar merajut cepat bosan. Padahal jika melihat mama yang serba bisa, serba terampil dan gigih berusaha seharusnya hal itu menurun pada saya. 

Lebih tekun dalam belajar dan berusaha, hal inilah yang sedang saya lakukan. Termasuk blog ini. Bukan apa-apa, saya hanya ingin belajar menyelesaikan apa yang sudah saya mulai.

"Tekun dan jalani apa pun yang terjadi. Tuhan pasti akan beri jalan yang terbaik," nggak ada bosan-bosannya mama terus menyemangati ketika aku sedang lemah dan tak berdaya.


Hadiah yang cocok untuk mama.

Jujur, saya bingung mau kasih hadiah apa buat mama. Sepertinya semua barang di dunia nggak akan cukup buat membalas kebaikan mama dalam hidup saya. Untung ada Elevenia, sebuah situs e-commerce dengan jargon-nya klik, cari, hepi. Memudahkan saya untuk mencari hadiah yang cocok buat mama, karena ada pilihan kategori. 


Berbagai pilihan kategori memudahkan dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Kategorinya antara lain fashion, beauty/health, babies/kids, home/food, gadget/computer, elektronik, sports/hobi/otomotif, service/mokado, yang masing-masing dibagi lagi dalam beberapa sub-category. Dari halaman category kita bisa menge-klik langsung category yang ada, yaitu Pakaian Wanita, Pakaian Pria, Tas & Aksesoris, Sepatu, Perhiasan & Jam, Kosmetik, Kesehatan & Perawatan Pribadi, Pakaian Bayi dan Anak, Perlengkapan Bayi, Mainan Buku Fancy Stationery, Dekorasi Rumah, Furnitur & Material Bangunan, Perlengkapan Rumah, Makanan & Minuman, Mobile Phone/Smartwatch, Kamera, Video Kamera & Drone, Tablet Notebook & Desktop, Peralatan & Perlengkapan Kantor, Peralatan Rumah, Home Entertainment, Olahraga & Outdoor, Hobi, Buku, Otomotif, E-coupon & Layanan Airlines.


Setelah menelusuri beberapa category diantaranya Elektronik dengan sub-kategori Peralatan Rumah akhirnya saya memilih kulkas dan stand mixer sebagai hadiah yang cocok untuk mama saya. Alasannya lemari es di rumah kami sudah terlalu lama dan saatnya untuk ganti. Sementara stand mixer adalah barang impian mama sejak dulu, mama ingin memiliki mixer seperti ini untuk memudahkan dirinya dalam membuat roti manis. Maklum, selama ini mama hanya memakai mixer biasa. Jadi tidak bisa membuat dalam jumlah yang banyak.

Kulkas dua pintu ini pasti dibutuhkan mama untuk menyimpan bahan makanan untuk usaha warung makannya.


Mixer seperti inilah yang mama idam-idamkan. Semua demi mewujudkan mimpinya untuk membuka usaha roti.








Resensi Buku "Satu Lentera Seribu Cahaya"

Menemukan Lentera di tengah Kegelapan.



Judul buku  : Satu Lentera Seribu Cahaya

Penulis     : Alberthiene Endah

Penerbit    : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2015, Januari
ISBN      : 978-602-03-1170-8
Jumlah halaman : 305 hal


Beranilah BERMIMPI karena dari MIMPI kita bisa MENGGENGGAM DUNIA.
Ketika kita ingin sukses, milikilah prinsip NIAT dan KARAKTER yang baik, harus seimbang, percayalah apapun yang kita raih dan kerjakan akan menjadi lancar dan terang, seterang matahari menyinari bumi.
-Aprie Angeline-

Buku ini mengisahkan cerita nyata yang dialami oleh seorang mahasiswi bernama Aprie Angeline dari kota Sorong. Berkuliah di jurusan kedokteran di sebuah universitas negeri kenamaan di Indonesia ternyata membuatnya depresi dan jatuh dalam masa kekelaman. Namun hal itu tak membuat semangatnya surut. Ia tetap berusaha mencari jalan agar dapat mencapai kesuksesan namun dalam bentuk yang lain. Jatuh bangun bisnis MLM, terjun ke dunia sinetron sampai akhirnya meraih kesuksesan dalam bisnis online shop berpenghasilan ratusan juta rupiah.
Dalam hidup sangat mungkin kita terjebak dalam pilihan yang salah(Hal 8). “Seharusnya kita mencintai apa yang kita lakukan, Angel. Karena dengan adanya rasa cinta maka setiap hal yang kita lakukan akan berjalan baik dan kita bisa mengupayakan hasil terbaik.” Saya mulai menemukan petunjuk jawaban. “Jika benar begitu, artinya saya masih bisa berjuang untuk menemukan bidang yang saya inginkan dan saya cintai.” (Hal 72)

Dengan sisa keyakinan yang masih ada saya terus memproduksi semangat setiap hari. Sedikit pun pikiran saya tak boleh memberi tempat pada keraguan. Apalagi keputusasaan. Saya sudah terlanjur nyemplung. Maka saya harus berenang, bukan tenggelam. (Hal 124). Saya yakin, di dalam kesulitan seperti apa pun, Tuhan adalah lentera terbaik dan paling bisa diandalkan. Saya selalu mengajak Tuhan ke mana pun saya melangkah. (Hal 150) Proses adalah bumbu kehidupan yang membuat kita bisa belajar dan mengerti arti tujuan hidup kita. (Hal 151)

Betapa ajaibnya Tuhan merancang skenario kehidupan manusia.. Kita tak akan bisa menerka apa yang akan terjadi dan melalui cara bagaimana. Selalu ada kejutan. (Hal 170) Nggak akan sia-sia segala yang pernah terjadi dalam hidup kita, kalau kita bisa mengambil banyak pelajaran dari sana. Loncatan besar biasanya sanggup dilakukan oleh mereka yang mau belajar dari kesalahan. (Hal 202)

12 Tahun Silam, Aku Melihatnya Berjuang untuk Hidup.


Gambaran keluarga bahagia seperti inikah yang kita dambakan? Sepasang suami istri dengan dua orang anak. Lalu apa yang terjadi jika mereka belum memiliki anak meski sudah lama menikah? Apa yang terjadi jika ada sepasang suami istri kehilangan anak? Yuk, simak kisah nyata berikut ini.


Sumber ilustrasi: Glitzmedia.co

12 Tahun sudah sejak peristiwa itu.

Dia anak ketiga dari pasangan suami istri yang saling mencintai. Perjuangannya untuk hidup harus terhenti ketika umurnya masih 6 bulan dalam kandungan. Ya, sore itu ia tak lagi bergerak. Ibunya merasakan gerakan yang begitu lemah di perutnya. Ia pun bertanya "apa yang terjadi dengan anaknya?"
Kami pun mengantar mereka ke sebuah klinik bersalin. Dokter menyarankan agar rawat inap. Semua diperiksa dengan teliti. Hasilnya benar-benar mengejutkan. Bayi dalam rahim telah tiada. Ibunya menangis histeris. Tak menyangka akan kehilangan bayinya dengan begitu cepat bahkan belum sempat bertemu dengannya.
Semalaman, ibunya harus berjuang mengeluarkan janin yang telah meninggal. Sendiri. Kami hanya bisa menguatkan lewat pijatan, belaian di kepala dan dengan doa. Ayo, kamu pasti bisa. Demi dua anak dan seorang pria yang menyayangimu. Kamu harus berjuang agar tetap bertahan. Tak terbayang olehku, bagaimana perasaan seorang ibu yang kehilangan anaknya.
Sekitar 3 sore, perjuangan itu berakhir. Ayahnya segera mengurus jasad bayi yang keluar dari rahim istrinya. Sang ibu tak bisa turut serta mengantar anak ketiganya ke peristirahatan panjang.

Sumber ilustrasi: The Asian Parent.


Kronologi sebelum janin itu pergi.

Mempersiapkan sebuah kelahiran tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Inilah yang diperjuangkan suami istri itu. Siang malam mereka berjuang bersama untuk bekerja mengais rejeki. Kecapekan tidak dirasa oleh sang ibu. Mengurus dua anak yang masih balita, menjahit pesanan baju, menyiapkan keperluan suami, mengantar dagangan ke toko-toko. Semua dilakukan tanpa memperhatikan kesehatannya sendiri. Karena kesibukan yang tak habis-habis, jadi sering telat makan atau tidak makan sama sekali. Hal inilah yang membuat pertumbuhan janin jadi kurang sehat.


Mengambil sebuah makna dari setiap peristiwa.

Kisah ini memang bukan kisahku sendiri. Namun sangat meninggalkan kesan mendalam di hati saya. Ada suatu pelajaran bahwa Tuhan selalu memberikan hal yang terbaik bagi orang yang sungguh-sungguh mengasihi Dia. Tetap bersyukur dalam segala hal. Bersyukur karena janin 6 bulan itu berhasil dikeluarkan tanpa operasi. Bersyukur bahwa sang ibu berhasil selamat dan tetap sehat setelah peristiwa itu. Bersyukur pasangan suami istri itu memiliki dua anak laki-laki dan perempuan yang kini telah beranjak remaja.

Kami semua mengambil hikmah dari peristiwa ini. Bagi pasangan suami istri itu, jadi bisa merasakan sebuah arti kehilangan seorang anak. Bagi saya yang belum menikah dan belum mempunyai anak, akan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan saat mengandung nanti. Bagi semua orang yang membaca kisah ini bisa mengambil kesimpulan bahwa semua kejadian, hidup dan mati ditangan Sang Pencipta.



Untuk yang sedang menantikan buah hati, tetap bersabar. Tuhan pasti akan memberikan keturunan.

Lain lagi dengan seorang ibu bernama Gina. Setelah 17 tahun pernikahan, ia baru bisa hamil. Kebahagiaannya sempat terhenti ketika memasuki usia kehamilan 4 bulan, ia sempat mengalami pendarahan. Bahkan vonis dokter mengatakan ia takkan bisa mempertahankan janin dalam kandungannya. Karena rahimnya lemah dan rentan keguguran. Dokter menyarankan agar janin itu digugurkan saja karena bisa membahayakan ibunya. Namun Gina bersikeras mempertahankan janin tersebut. Dengan dukungan dari ibu mertuanya, Gina tetap mengokohkan pendiriannya tidak mengikuti saran dokter.
Istirahat total selama satu bulan pun dilakukan sambil terus makan makanan sehat. Juga berdoa dan percaya.
Akhirnya, ia pun melahirkan di bulan ke-sembilan melalui operasi caesar. Bayinya laki-laki, sehat dan sangat aktif.
Gina bersyukur ia tak mengikuti saran dokter. Sepenuhnya ia percaya bahwa bayi itu adalah pemberian dari Tuhan di usianya yang tak lagi muda.

Kisah yang diceritakan di atas merupakan kisah nyata dari orang-orang disekitar saya. Semata-mata ditulis untuk penyemangat kalian yang sedang atau akan menantikan hadirnya keturunan(seperti saya😊 nanti jika sudah menikah, hehehe).


Tulisan ini juga diikutsertakan dalam #GADianOnasis 

Vivagoal Situs Berita Bola Terkini.

Vivagoal, Situs Berita Bola Terkini.



Halo, siapa yang suka menyaksikan pertandingan bola di sini? Wah, pasti seru dong kalo bisa mengikuti pertandingan bola. Apalagi kalo pas ada event seperti Piala Dunia. Di mana-mana orang membicarakan bola, bola dan bola. Tapi sayang, oleh karena kesibukan tak jarang kita sering melewatkan acara tersebut. Akibatnya kita kehilangan berita penting tentang bola, padahal kita bolamania. Jangan khawatir, karena sekarang ada banyak berita bola yang bisa kita simak lewat internet. Ya, Vivagoal Situs Berita Bola Terkini. Dari portal berita ini, kita bisa banyak tahu tentang berita bola terkini.
Yuk, simak review saya mengenai Vivagoal ini, yang pasti sangat menarik buat kamu-kamu bolamania, yeay!



Apa itu VIVAGOAL?


VIVAGOAL adalah portal situs berita bola terkini yang menyajikan informasi seputar sepakbola yang lengkap baik dari dalam maupun luar negeri. Vivagoal ini siap memanjakan para pecinta sepakbola dengan menu yang menarik seperti highlights, fakta-fakta tentang para pemain, pelatih atau sejarah sepakbola. Ada juga hadiah yang disediakan untuk pembaca yang mau mengikuti survey atau kuis yang diadakan oleh situs ini.

Salah satu menu yang menarik bagi saya adalah 5 fakta seperti 5 Fakta Denda yang Pernah diterima Mourinho berikut ini:

Vivagoal situs berita bola terkini


Jose Mourinho kerap dijatuhi sangsi akibat aksi kontroversialnya di dalam maupun di luar lapangan. Namun, tak bisa dipungkiri, Mou, sapaan akrabnya, adalah pelatih yang kharismatik dan bertangan dingin. Dia melabeli dirinya sebagai "The Special One", sebelum diubahnya lagi menjadi "The Happy One" sesaat setelah kembali dipercaya menangani The Blues di awal musim 2013-2014. 

Mou mempunyai nama lengkap Jose Mario dos Santos Felix Mourinho, lahir pada 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal, dari pasangan Maria Julia Carrajola dos Santos dan Felix Mourinho. Karir Mou mulai naik setelah dia berusia 26-an. Mourinho mempunyai gelar Sarjana Olahraga dari Universitas Teknik Lisbon yang kemudian membuatnya beralih profesi mulai dari mengajar, pelatih fitness, melatih tim junior dan kemudian menjadi penerjemah untuk Sir Bobby Robson saat melatih klub Sporting Lisbon, Portugal. Mou kemudian naik pangkat menjadi asisten pelatih saat Robson pindah ke Porto dan FC Barcelona. Di Barcelona, ia sempat menjadi asisten manager Belanda, Louis van Gaal.

Karir kepelatihan Mou dimulai ketika dipercaya menukangi klub Benfica, musim 2000-2001. Dua tahun kemudian, Mou dipercaya untuk mengambil alih kursi kepelatihan Porto dari tangan Octavio Machado. Selama dua setengah tahun berkiprah di Stadion do Dragao, markas Porto, Mou sukses membawa Porto meraih enam trofi yang salah satu diantaranya trebble winners pada tahun 2003. Selain sejumlah prestasi yang dibuatnya, kontroversi Mou juga tetap berlanjut.
Dan berikut 5 fakta pelanggaran dan denda terbesar yang pernah diterima si Happy One ini:

1. Bertemu Ashley Cole
Saat mulai melatih Chelsea di musim 2003-2004, Jose Mourinho dijatuhi denda oleh FA pada Juni 2005 sebesar 75.000 poundsterling karena ulahnya bertemu Ashley Cole di Januari 2005 yang waktu itu si pemain masih terikat kontrak dengan Clubnya, Arsenal.

2. Berkomentar pedas kepada wasit
Jose Mounrinho kembali dijatuhi sanksi oleh FA berupa denda sebesar 40.000 poundsterling pada Oktober 2015 plus satu kali larangan mendampingi pemainnya saat bertanding karena komentar pedasnya mengenai kinerja wasit seusai melawan Southampton.

3. Bersitegang dengan wasit
Masih di bulan Oktober 2015, Jose Mourinho untuk kesekian kalinya dijatuhi hukuman berupa denda oleh FA sebesar 40.000 poundsterling ditambah satu kali larangan mendampingi pemainnya bertanding akibat bersitegang dengan wasit Jon Moss saat The Blues melawan West Ham United.

4. Saat mewakili Inter Milan
Februari 2010, saat membesut klub Italia, Inter Milan, Jose Mourinho ketahuan memberi kode tangan diborgol karena kecewa Walter Samuel dan Ivan Cordoba dikartu merah wasit saat Inter Milan melawan Sampdoria. Mou didenda sebesar 40.000 euro plus 3 kali larangan mendampingi pemain di lapangan.

5. Pertandingan Real Madrid melawan Ajax
Mou didenda 33.500 pounds dan larangan 1 kali pertandingan setelah dirinya terlihat memberi instruksi keluar kepada Xabi Alonso dan Sergio Ramos dengan maksud agar keduanya mendapat kartu kuning saat Real Madrid unggul 4-0 atas Ajax setelah Mourinho terlihat memberi instruksi keluar.

Menu menarik lainnya adalah Highlights, disini kita bisa menonton cuplikan pertandingan yang sudah berlalu.  Jadi kalau kita kehilangan moment saat menonton tim favorit kita bisa melihat lagi di menu ini. Berita bola, menu ini cukup lengkap mulai dari Liga Inggris, La Liga, Seri A, Burder Liga, Liga Perancis, V-Champions dan tentu saja Indonesia.
Tak kalah menarik adalah menu Win It, yaitu menu yang menyediakan hadiah bagi pengunjung yang mengisi form. Mau ikut kuis juga ada.
Jadi sekarang nggak perlu khawatir ketinggalan berita tentang sepakbola lagi, dengan Vivagoal Situs Berita Bola Terkini kita jadi update terus dan menambah pengetahuan tentang sepakbola.


kontesseoblog
Vivagoal situs berita bola terkini.

Kontak Vivagoal.com:

redaksi@vivagoal.com
iklan@vivagoal.com
event@vivagoal.com
+62 857-1679-6267
Fb: https://web.facebook.com/vivagoalindonesia
Instagram: https://www.instagram.com/vivagoal/
Line: http://line.me/ti/p/@kys8591f
Twitter: https://twitter.com/vivagoal_ID