Manfaat Sosial Media Bagi Pengembangan Diri 


manfaat sosial media
Beberapa contoh aplikasi sosial media


Baca Juga: Aku dan Arti Kehilangan

Jaman sudah berubah drastis. Perkembangan teknologi kini makin cepat. Jika dulu saya berkomunikasi lewat surat lalu berkembang lagi lewat SMS, chatting lewat e-mail, lalu BBM. Sekarang sudah berubah ada Facebook yang bisa membuat saya bertemu kembali dengan teman-teman SMA bahkan bisa komunikasi dengan penulis-penulis terkenal yang dulu paling cuma bisa baca karyanya tapi untuk bertanya langsung tidak bisa. Harus menghubungi redaksi dulu baru dapat alamat, kirim surat dulu tunggu balasan. Iya, kalo dibalas. Kalo nggak? Udah nunggunya lama nggak dibalas. Ahh, ribet. Sekarang kita lebih leluasa bertanya sama mereka, nggak perlu nunggu berhari-hari. Asal punya kuota, si penulis di depan komputer atau HP komunikasi pun lancar.

Tak hanya Facebook saya juga pengguna aplikasi Instagram. Lewat IG saya bisa menemukan ribuan manfaat termasuk ilmu sehari-hari berupa tips-tips yang bisa dipakai untuk memudahkan hidup saya. Tak ketinggalan Twitter, Meskipun aplikasi ini sudah sedikit tergeser oleh aplikasi media sosial lain tapi saya suka banget sama aplikasi ini. Karena saya bisa mendapat info giveaway dari sini. Baik kuis langsung, giveaway dadakan, lomba nge-blog atau lomba nulis cerpen. Walau belum pernah menang hadiah yang besar tapi saya bersyukur lewat media ini saya menambah ilmu, tambah punya teman baru yang sama-sama suka ikut kuis dan berbaik hati mencolek saya jika ada kuis. Kalau dapat hadiah itu bonus.

Manfaat sosial media
Beberapa hadiah yang saya dapatkan dari giveaway di media sosial

Kelebihan dan Kekurangan Sosial Media

Kelebihan dari sosial media banyak banget buat saya terutama dalam mengembangkan potensi diri. Sebelum ada sosial media seperti sekarang, saya mendapat informasi hanya lewat buku, koran, majalah dan televisi. Seringkali info itu terasa sangat kurang. Saya membutuhkan lebih banyak. Misal untuk membuat cake ulang tahun, saya ingin tips agar cake buatan saya enak seperti buatan toko roti. Tapi saya nggak mendapatkan. Sekarang, saya tinggal buka google dan taraaa.. semua info yang saya butuhkan muncul di sana. Dulu saya bukan saja terlambat mengetahui tapi sama sekali tidak tahu kalau ada lomba menulis di majalah. Sekarang saya bisa tiap saat mencari info lomba lewat Twitter, Facebook, dll. 

Contoh lain, kita bisa terinspirasi dengan kisah-kisah yang dibagikan seperti kisah seorang bocah yang sudah bisa menabung dari bisnis daur ulang yang dijalani. 

Blog juga salah satu media sosial yang sangat saya sukai. Kenapa? Karena saya bisa tahu kegiatan menarik orang lain yang bisa saya ambil inspirasinya buat saya. Tulisan saya juga bisa disalurkan lewat blog. Pokoknya asyik deh ada sosial media ini. Bayangkan kalo nggak ada media sosial ini. Wah, bakal kurang up-date dan kurang gaul deh!

Kekurangan media sosial adalah bikin fokus kita teralihkan dan jadi kurang peduli dengan orang atau lingkungan sekitar. Sosial media juga bisa membuat kita terlibat kasus hukum karena memberikan pendapat yang bisa merugikan, menyinggung, bahkan membuat pihak lain merasa dilecehkan. Jadi kita perlu hati-hati dalam memanfaatkan sosial media jangan sampai hubungan kita di dunia maya justru lebih erat dibandingkan dengan hubungan kita dengan orang terdekat kita. Efek negatif juga bisa masuk ke kita contoh jika kita membaca atau melihat berita yang kurang sesuai dengan norma agama atau budaya kita.  

Bakat yang Bisa Dikembangkan Lewat Sosial Media  

Banyak sekali manfaat yang bisa saya dapat dari sosial media diantaranya mengembangkan bakat:

1. Menulis

     Mengapa menulis? Ternyata kegiatan di sosial media nggak lepas dari menulis mulai dari update status, nge-tweet, bikin caption sampai nge-blog yang memang kegiatan utamanya nulis. Kalo dikumpulin tiap hari lama-lama banyak juga, kan? Tak jarang ada penerbit yang melirik tulisan-tulisan kita buat dijadiin buku. Wow!

2. Fotografi

     Kebiasaan orang kalo mau makan, cekrik. Habis bikin kue, cekrik. Ke tempat wisata, cekrik. Ada juga yang selfie-selfie trus di upload. Jadilah mereka selebgram atau seleb endorse. Wah, bisa jadi sumber pemasukan juga lho kalo foto kita bagus dan dilirik olshop untuk pasang iklan atau istilahnya endorse. Kuncinya kalo mau sukses diendorse kita harus punya foto-foto bagus disertai caption yang menarik. Oya, jumlah followers juga ikut menentukan. Semakin banyak followersnya makin banyak yang mau berminat untuk memakai akun sosial media kita buat di-endorse.

3. Seni

    Sosial media juga bisa dijadiin tempat yang bagus untuk menyimpan hasil karya seni kita. Lewat update-an status, orang lebih mengerti siapa kita, hobi dan kepandaian. Misal yang suka bikin komik bisa diupload di IG atau Facebook. Atau yang hobi bikin DIY atau kerajinan tangan boleh banget tuh di share ke media sosial buat menginspirasi. Kalau saya pribadi lebih suka menyimpan cerpen yang sudah dimuat di media cetak di dalam blog untuk kepentingan dokumentasi. Jadi lebih praktis dan nggak khawatir hilang. 

4. Berbisnis

    Banyak orang yang tanpa sengaja bisa mengembangkan bakat bisnisnya lewat akun sosial media miliknya. Mulanya ia hanya bikin status kegiatan sehari-hari belajar membuat kue. Lalu dilihat oleh salah seorang kenalannya dan ingin dibuatkan kue yang sama. Teman-teman yang lain juga ikut memesan hingga akhirnya awal belajar bikin kue pun berkembang menjadi bisnis.

5. Kerajinan tangan

    Di Instagram saya menemukan berbagai cara untuk mendaur ulang barang bekas yang ada disekitar kita. Seperti CD rusak bisa untuk hiasan dinding, botol minum bisa untuk tempat pensil, pot atau tempat lain. Karton bekas bisa dihias untuk dijadikan lemari kecil. Dan masih banyak lagi. 

media sosial



Tulisan ini Diikutsertakan dalam Lomba Blog Taruna Ngeblog First Anniversary.

blog competition

4 Komentar

  1. Sukses selalu dengan sosial medianya yang mengantarkan ke berbagai benefit ya, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak, sukses juga buat Mba Ani Berta :-)

      Hapus
  2. Aktif di media sosial sebenarnya memang bisa mendatangkan banyak manfaat ya Mba asal bijak dalam menggunakannya. Dan setiap media sosial itu punya sisi positif masing-masing.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.