Resolusi 2017-Awali Tahun Baru dengan Semangat Baru

Awali tahun baru dengan semangat baru.
Hampir tiap tahun udah biasa bikin resolusi. Tapi seringnya resolusi itu hanya sekedar tulisan tanpa ada perwujudannya, hiks! Nggak mengapa sih, artinya saya harus lebih keras berusaha dan nggak lupa selalu berdoa. Ora et labora.
Nah, mumpung saat ini adalah hari terakhir di tahun 2016 saya mau bikin resolusi.
Sebelum bikin #Resolusiku2017 kita tengok dulu apa saja resolusi saya  di tahun lalu yuk!
Tahun 2016:
1. Usaha warung makan kami (saya & mama) makin laris.
2. Buat blog untuk menyimpan naskah saya yang lolos di media.
3. Bikin novel.
4. Beli laptop.
5. Belajar bikin resensi buku.
6. Ikut lomba nulis dan menang.
7. Menyiapkan diri untuk masa depan.
Yang sudah tercapai adalah no. 1, tahun ini boleh dibilang usaha warung kami lancar. No. 2 blog pertama saya lahir pada tanggal 28 Februari 2016 horeee!!!
Yang ke-3 bikin novel belum terlaksana. Beli laptop juga belum. Rasanya dua hal ini bisa dimasukkan ke daftar resolusi tahun depan.
Ke-5, udah mulai bikin resensi sih. Tapi belum banyak. Ikut lomba nulis udah, tapi belum menang. Yang terakhir menyiapkan diri untuk masa depan, belum jelas juga apa yang dipersiapkan jadi kurasa resolusi ini belum tercapai.
Kenapa harus bikin resolusi?
Buat saya penting guna menghindari hidup yang seperti air mengalir. Iya, kalau mengalir di tempat yang bersih. Kalau di comberan gimana?
Tercapai atau tidak tergantung usaha kita dan kehendak Tuhan.

Resolusiku di tahun 2017:

1. Menikah tahun ini.
Doakan semoga tahun ini bisa terlaksana dengan lancar. Nggak perlu mengadakan pesta yang mewah cukup sederhana. Impiannya sih setelah nikah bisa jalan-jalan berdua.
2. Memulai usaha sendiri.
Cita-cita saya ingin buka cafe mini atau toko kue, mudah-mudahan bisa terwujud tahun ini.
3. Lebih rajin nulis di blog.
Udah hampir setahun tapi postingan blog masih sedikit. Hmm, perlu usaha lagi biar blog nggak terbengkalai.
4. Belajar manajemen waktu.
Menikah tahun depan artinya saya harus mulai belajar mengatur waktu antara me time dan mengurus rumah tangga, suami, mertua, mama sendiri. Semoga prakteknya lebih mudah dari yang kubayangkan.
5. Belajar make-up dan rawat muka.
Jujur saya nggak suka make-up. Bahkan bedak juga jarang. Makanya suka nervous kalo mau kondangan atau ke mana. Kalo perawatan muka harus lebih rajin lagi. Iya, dong masa udah punya suami nggak rawat diri.
6. Belajar bikin novel.
Nge-draft dulu dan coba terus nulis. Siapa tahu jadi buku.
7. Punya laptop.
Bukan beli laptop ya. Kalo beli berarti harus punya uang. Kalo punya kan tidak. Punya nggak harus beli. Bisa jadi dapat hadiah lomba GA iya kan?
8. Ikut GA nulis blog dan menang.
Untuk mewujudkan impian nomor 7 maka saya harus ikut GiveAway lebih rajin dan lakukan terbaik biar menang.

Nah, itu tadi resolusiku tahun 2017  yang sebentar lagi akan kita masuki. Yang pasti resolusi sebagus apapun harus kita bawa dalam doa agar semua bisa tercapai dan berkenan bagi Tuhan. Tetap semangat masuk tahun 2017.



Temukan Produk Kreatif Asli Indonesia di Blibli.com

Bukan rahasia lagi jika sekarang orang Indonesia makin pintar dalam berkreasi menghasilkan produk-produk yang berkualitas baik dari segi desain, teknologi mau pun keunikan. Tapi sering kali terhambat oleh masalah pemasaran.  Konsumen pun sering kali kesulitan dalam mencari informasi tentang produk lokal sehingga sering membeli produk global. Untung sekarang ada Blibli.com yang menyediakan fasilitas bagi pelaku usaha produk lokal untuk mempromosikan dan mendistribusikan produknya ke masyarakat. Perkembangan teknologi internet membuat konsumen kini lebih memilih belanja online. Promosi lewat toko online seperti Blibli.com menjadi hal yang menjanjikan. Blibli.com menyediakan berbagai jenis pernak-pernik, produk kecantikan, pakaian, asesoris sampai kuliner yang semuanya 100% Produk Kreatif Asli Indonesia.

Yup, kini ada kategori Galeri Indonesia di Blibli.com yang dibagi menjadi beberapa subkategori lagi, antara lain Galeri Workshop, Galeri Lokal Brand Indonesia, Galeri Batik Indonesia, Galeri Buku & Musik Indonesia, Galeri Produk Kecantikan, Galeri Kuliner Lokal Indonesia, Galeri Tiket & Travel Lokal Indonesia, Galeri Kriya Indonesia.

Ada produk apa saja sih di Galeri Indonesia blibli.com?
Di Galeri Indonesia kita mendapatkan tawaran menarik tentang Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia.


                     1. Kaos serat bambu


Arez Co adalah sebuah merk kaos yang terbuat dari serat bambu. Kita tahu bahwa katun serat bambu ini memiliki keunggulan lebih halus, lebih sejuk dibanding katun yang lain, seratnya 4×lebih banyak, memiliki antibakterial alami, mudah menyerap keringat, dan mencegah timbulnya bau badan.


2. Tas desain unik


Tas ini menggunakan bahan tenun lurik ciri khas Indonesia. Jadikan penampilan anda baru dengan berbagai desain menarik mulai dari dompet, sling bag, pouch, dll.


3. Produk perawatan rambut.


Sisir rambut ini terbuat dari kulit sawo. Hmm, kulit sawo? Gimana cara bikinnya ya? Yang pasti produsennya kreatif banget dalam menghasilkan produknya.


4. Dompet kertas unik.


Dompet kertas ini terbuat dari bahan tyvek paper. Bahannya kuat, anti air, tipis, mampu memuat sekitar 30 uang kertas dan 20 kartu.


5. Jam tangan batik

Batik selalu jadi identitas dari bangsa Indonesia. Baju, tas batik pasti sudah ada. Nah, di Blibli.com ini ada jam tangan batik. Modelnya bermacam-macam.






6. Produk kuliner lokal.



7. Produk kecantikan lokal.

Produk kecantikan ini terbuat dari bahan alami yang pasti aman untuk digunakan.


7. Bantal etnik.

Sarung bantal bermotif ethnic cocok diletakkan di tempat tidur.


Semua produk di atas baru beberapa saja dari sekian produk yang tersedia di Blibli.com. Untuk lebih lengkapnya kita lihat saja di blibli.com yuk!


Toko online ini punya slogan "big choices big deals" merupakan pelopor mallonline terbesar dan terlengkap di Indonesia. Memiliki ribuan kategori produk kebutuhan sehari-hari, lifestyle, hobi & olahraga. 


Keuntungan berbelanja online di Blibli.com :

1. Lengkap
Ribuan produk disajikan dalam beberapa kategori yang memudahkan pencarian barang. Kategori itu adalah Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, Mainan & Video Games, Fashion Pria, Fashion Wanita, Tiket & Voucher, Otomotif, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Kamera, Peralatan Elektronik, Home & Living, Ibu & Anak, Kesehatan & Kecantikan, Kuliner, dan Galeri Indonesia.


2. Banyak promo.
Banyak diskon dan promo setiap hari. 
Istimewanya kita bisa mengumpulkan poin saat belanja, daftar/login, share di sosial media dan poinnya bisa ditukar dengan barang. 

3. Cicilan 0% 
Wow hari gini cicilan 0% ? Iya, beneran nggak mimpi! Kita bisa pilih 6 sampai 12 bulan cicilan dengan pembayaran kartu kredit.

4. Bebas ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
Udah cicilan 0%, ongkirnya gratis pula. 

5. Pembayarannya mudah.
Bisa bayar dengan banyak cara. Bisa bayar di tempat (Cash On Delivery/COD), transfer melalui ATM, pembayaran uang elektronik, pembayaran melalui store (Indomart & Pos Indonesia).

6. Jaminan pengembalian barang.
Jadi kalo kita kurang puas dengan barang yang kita pesan, Blibli.com mau memfasilitasi pengembaliannya dengan batas waktu maksimal 15 hari setelah barang diterima.

7. Jaminan kualitas dan keaslian barang. 
Semua produk yang dijual di Blibli.com adalah dari brand, mercant, dan store terpercaya sehingga dipastikan produk asli dan kualitasnya baik. 

8. Adanya customer care yang akan melayani konsultasi produk dan layanan mereka.





Sumber informasi : Blibli.com
Foto : screenshoot Blibli.com
Video : Youtube 









Mau Belanja di Pasar Tradisional? Cek Aplikasi Boneprice Dulu.

Mau Berbelanja di Pasar Tradisional? Pakai Aplikasi Boneprice Saja Biar Bisa Nawar.

“Bu, ayamnya 29 ribu aja ya!”
“Wah, nggak bisa neng! Ntar saya rugi. Dari sana aja udah segitu.”
“Mmm,” saya mikir-mikir lama. Agak ragu-ragu apakah harga itu sudah pas dengan harga pada umumnya atau kemahalan? Semoga kalau kemahalan nggak banyak-banyak deh!
“Ya udah deh mau, Bu” kata saya pada akhirnya.
Sebagai pelaku usaha warung makan saya mesti mencari harga murah di pasar tradisional. Karena harga sembako jauh lebih murah jika dibandingkan di pasar modern. Contoh beras, daging ayam, gula pasir, minyak goreng, selain itu barangnya lebih segar di pasar tradisional. Seperti daging ayam, saya bisa beli ayam yang dipotong hari itu juga. Kalau di supermarket, entah kapan motongnya. Lagipula sudah masuk ke lemari pendingin jadi pasti dagingnya kurang segar.
Cuman saya tuh orangnya nggak pintar menawar jika harus berbelanja di pasar tradisional. Suka nggak sabar harus beradu argumen harga kalo mau nawar. Lain sama mama saya yang pinter nawar. Beliau pasti bisa menemukan bahan pokok yang sama dengan harga lebih murah dari pada yang saya beli.

“Pasti kamu nggak tega mau nawar,” kata mama.
“Udah coba sih, tapi nggak di kasih ma.” jawabku. “Pake trik pura-pura pergi juga nggak dikasih, nawar hampir setengah harga malah diomelin!”
"Ya, iyalah. Kamu diomelin karena nawarnya kerendahan. Mestinya cuma seperempat harga aja."
"Nyerah deh ma, mending belanja di supermarket yang harganya pas." 
"Iya, pas. Tapi untuk bahan segar, kita butuh belanja di pasar tradisional," ujar mama.
“Hmm. Susah juga sih yang namanya nawar. Kamu harus pake bahasa daerah yang sama dengan penjualnya, sama sok ramah juga. Bilang kalo kamu bakal langganan di situ.”
“Udah, Maaa... Sama aja, gatot alias gagal total." 
"Ya kalau begitu kamu harus menemukan pedagang yang memberikan harga termurah."
"Cara biar tahu harga termurah, gimana? Masa harus cari pedagang yang murah sama pindah-pindah pasar sih? Kan buang-buang waktu dan tenaga?"
"Masa kamu belum tahu? Boneprice kan shopping portal no.1 di Indonesia yang menyajikan 17,000 informasi dari 5000 lebih toko online yang tergabung dalam 55 sub kategori. Nah, kategori barunya adalah bahan pokok. Untuk memakainya kita nggak perlu login atau daftar sebelum menggunakannya. Tinggal tap aja. Cari tulisan bahan pokok atau ketik barang apa yang kita cari harga termurahnya." 

Tampilan aplikasi Boneprice di hp saya.


Ada fitur baru lho! 
Fitur ini memungkinkan kita bisa cek sembako di pasar tradisional. Harganya up to date jadi nggak perlu khawatir akan kemahalan.


Dengan fitur baru ini kita bisa tahu harga daging ayam, bawang merah, bawang putih, beras, daging sapi, minyak goreng, susu, cabe, dll. 


Perbandingan harga ayam di pasar yang berbeda juga ada. Tinggal pilih. O ya, aplikasi ini baru menampilkan harga sembako murah di DKI Jakarta. Tapi buat daerah juga bisa. Karena harga sembako biasanya nggak beda jauh sama harga di DKI. Bisa kira-kira kan kalau di Jakarta aja segini, di daerah bisa lebih murah berapa ribu di bawahnya. Kesimpulan harga di Boneprice masih bisa buat perbandingan.


Hmm, gitu ya? Wah, kalo ada aplikasi ini sih saya pasti bisa lebih mudah menawar. Nggak ragu kalo harganya kerendahan dari harga sesungguhnya. Apalagi bila pedagangnya sudah tahu kalo saya hanyalah anak yang disuruh mama untuk belanja di pasar. Liat muka saya kelihatan asing jarang nongol di pasar juga bikin pedagang naikin harga sembarangan. Makanya saya butuh aplikasi ini agar punya uang lebih, jadi saya bisa jajan sate, he, he, he.


Baca juga: 



Yuk, pasang aplikasinya di hpmu rasakan #MudahnyaBerbelanja dengan aplikasi Boneprice dan dapatkan harga termurah.

Dengan Boneprice, belanja jadi lebih mudah, murah, dan hemat waktu. Nggak ragu lagi buat tawar-menawar di pasar tradisional.




Sumber foto : 
* Screenshoot hp saya.
* Instagram Boneprice.

Jangan Jadi Cewek Cengeng

Tulisan ini pernah aku kirim ke  lomba yang diadakan Penerbit Indiva tapi nggak lolos daripada terbuang mendingan kutampilkan di sini.

Girls Talk Series : Jangan Jadi Cewek Cengeng.


Jadi Cewek Cengeng atau Tegar, Semua Tergantung Kita.

Hidup adalah pilihan. Beberapa di antaranya adalah hasil dari apa yang kau kerjakan, sedangkan yang lainnya mungkin terjadi tanpa alasan. Untuk menerimanya atau tidak, semua pilihan ada padamu.
The Lavender House-Joseline F. Jana.

Pilih nangis atau hadapi.


Misal nih, tadi pagi kita telat bangun, baju belum disetrika, beruntung hujan tiba-tiba turun dengan derasnya sehingga sekolah memberi kelonggaran waktu masuk jadi sepuluh menit. Namun masalah belum berhenti di situ. Karena kamu lupa tidak membawa tugas yang harus dikumpulkan hari itu. Di bayanganmu ada sosok guru yang sudah siap memberi hukuman kepadamu. 

Apakah pilihanmu? Nangis atau hadapi apa pun yang terjadi? Kalau pilihanmu nangis di depan guru dan teman-teman berarti kamu termasuk cewek cengeng. Atau kamu pilih menghadap gurumu dan bilang terus terang bahwa kamu telat menyerahkan tugas dan akan menerima apa pun konsekuensinya. 

Cewek memang dikenal sebagai manusia yang gampang tersentuh hatinya, emotional, dan mudah mengeluarkan air mata. Tak heran jika di mana-mana kaun hawa lah yang paling sering kita jumpai sedang menangis. Bukan berarti kalau cowok nggak bisa nangis. Tapi biasanya mereka mampu membendung air mata biar nggak menetes kala mereka sedih. Gengsi dong kalo cowok nangis apalagi sampai ke level cengeng.

Menangis masih terbilang wajar jika frekuensinya nggak sering dan di saat yang tepat misalnya bersedih karena kehilangan sesuatu, terjadi bencana, merasa terluka, atau sedang ketakutan. Tapi jadi nggak wajar dan dibilang cengeng jika kita mudah nangisan. Sedikit-sedikit takut, dipanggil guru BP udah pucat dan berkaca-kaca bawaannya mau nangis mulu. Katanya gurunya galak, matanya melotot. Padahal belum tentu juga. Kalau guru itu orang luar Jawa kan wajar jika nada bicaranya keras. 

Bertanya kamu kelas berapa dengan suara tinggi udah dikira membentak. Mata besar dikira melotot marah. Duh, bawaannya jadi pengen meneteskan air mata. Cengeng banget nggak sih?
Sebenarnya arti cengeng itu tidak hanya mudah menangis atau mengeluarkan air mata. (Bukan air mata buaya lho ya? He, he, he.) Menurut KBBI nih, alias Kamus Besar Bahasa Indonesia arti cengeng diartikan mudah menangis, suka menangis, mudah tersinggung, lemah semangat, tidak dapat mandiri. 

Nah, udah jelas kan arti cengeng? Ada nggak yang seperti itu di sini?
Hmm, ngaku deh. Sebenarnya saya sendiri bisa di kategorikan cewek cengeng. Bukan berarti saya suka menangis. Saya yakin nggak ada di dunia ini yang suka nangis. Nggak ada! Termasuk saya!
Kenapa saya jadi cewek cengeng? Cengeng bagi saya ini bisa diartikan lemah semangat, juga mudah tersinggung jika kesabaran yang saya tumpuk udah nggak tertampung lagi. Akhirnya meluaplah ledakan emosi di hati saya. Jadi keluar linangan air mata di pipi saya, hiks!


Jujur, saya nggak mau jadi cewek cengeng!


Alasannya cewek cengeng nggak disukai orang. Bahkan sama mama saya sendiri. Hah! Mamah saya sering membentak saya ketika saya nangis. Malah ninggalin saya. Karena saat saya nangis terus diajak bicara malah tambah melow nangisnya. Teman saya juga nggak suka lihat saya nangis. Waktu itu saya nggak mau masuk sekolah gara-gara ada seorang guru yang suka nunjuk muridnya maju ke depan buat di tes. Dan saya takut di suruh maju. 

Namun setelah saya dewasa, ingatan tentang itu masih membekas dalam benak saya. Dan hari ini saya baru mengerti guru itu ingin membuat muridnya lebih berani dengan menyuruh maju ke depan kelas. Karena sebenarnya kehidupan ini keras. Jadi harus dijalani dengan kepala tegak yang penuh keberanian. Dan di masa sekolah dari mulai TK sampai SMA keberanian kita terus dilatih. Barulah di masa kuliah kemandirian akan diasah dan saat terjun ke dunia kerja ujian mental kita benar-benar terjadi. Di saat inilah mau nggak mau kita harus berjuang untuk tegar.

Ketahui penyebabnya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan cewek jadi mewek-mewek. Mulai alasan masuk akal sampai lebay pun bisa. Contoh paling umum sih biasanya cewek nangis karena hatinya disakitin. Guys, makhluk berjenis kelamin perempuan ini paling nggak tahan jika disakiti. Entah itu secara fisik atau mental. Saya sendiri pernah mengalaminya. Ketika ada orang mengata-ngatai saya nggak bisa apa-apa, miskin, kuper hati saya sakit. Dan saat itu saya berusaha nahan. Tapi nggak kuat saking nusuknya kata-kata itu.

Penyebab lain cewek menangis adalah ketika merasa kehilangan sesuatu. Saya pernah kehilangan papa saya. Saat itu saya sedih sekali dan takut pada kematian. Beberapa tahun kemudian saya harus kehilangan pacar yang kala itu sangat saya cintai. Di waktu yang bersamaan rumah yang keluarga kami tempati harus dijual demi menutup hutang. Wah jika ingat itu rasanya hati ini bersyukur bisa melewati masa susah itu dan di sini saya ditempa untuk jadi cewek tegar.

Cengeng bisa juga bentuk dari mengasihani diri sendiri. Kita hanya mengeluh, mengeluh dan mengeluh. Kenapa sih aku nggak seperti dia, pintar, mandiri, cantik. Girls,, hidup ini adalah proses. Nggak ada manusia di dunia ini lahir langsung jadi dokter, jadi guru atau artis. Semua butuh proses yang kudu dilewati. Semua bertahap. Kalo mentalmu masih suka cengeng gimana mau sukses. Menghadapi guru killer aja udah bawaannya pengen pulang.

Kerugian Jadi Cewek Cengeng.

1. Gampang di-bully.

  Biasanya orang cenderung menindas orang yang lemah. Orang lemah gampang di bully. Menangis membuat kita terllihat lemah. Hal ini bisa membuat orang lain menjadi berani berbuat seenaknya sama kita. Contoh, ada satu cowok yang nakal banget di sekolah saya dulu. Dia suka mengganggu setiap cewek yang lewat depan kelasnya. Gangguan itu nggak cuma sekedar suara cuit, cuit, atau hai cewek namun juga berani memegang-megang anggota tubuh. Bahkan memeluk. Nah, saya termasuk cewek yang sering diganggu dia. Tapi saya memilih untuk melawan. Karena udah nggak tahan lagi sama kelakuan dia saya tendang saja kakinya. Respon dari cowok itu tentu saja terkejut bukan main. Mungkin selama ini dia berani ganggu saya karena melihat saya lemah. Kejadian tersebut bikin dia kapok dan nggak ganggu aku lagi.
Lain sama teman saya yang malah nangis ketika diganggu. Sampai kami lulus pun dia masih suka diganggu sama cowok itu. Hmm, tuh kelihatan bedanya kan, antara cengeng dan tegar?

2. Tidak dapat berpikir tenang.

  Kesedihan menghambat kreatifitas otak. Saat merasa panik dan menangis kita cenderung terlarut dalam kesusahan yang dialami. Dalam keadaan tertentu kita malah merasa putus asa bahkan berpikir untuk bunuh diri.

3. Melewatkan moment berharga bahkan kesempatan.

  Banyak kejadian berharga yang terjadi dalam hidup ini yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Beberapa kesempatan tidak akan pernah datang dua kali. Di satu sisi ada hal-hal yang menempa diri kita. Bukankah untuk menjadi benda berharga, baja pun perlu diproses berkali-kali. Sebuah pisau perlu diasah berkali-kali biar tajam. Kitalah pisau itu. Jika tiap diasah kita mengeluh dan menangis kapan kita bisa menikmati hasilnya.

4. Tidak mampu memecahkan persoalan dengan hati yang dingin.

  Cewek cengeng biasanya manja. Dia ogah memecahkan masalahnya sendiri. Masalah ketinggalan buku PR aja udah seakan dunia mau kiamat. Mewek-mewek di balik bahu teman. Atasi dong dengan lebih memperhatikan lagi buku-buku apa yang harus dibawa. Jika terpaksa memang harus terima konsekuensi dihukum, jalani aja. Tegar. Sekali-kali boleh kok kita dihukum asal nggak keseringan. Kalo udah keseringan itu tandanya kita bebal.

5. Nggak menarik di mata cowok.

  Kebanyakan cowok suka sama cewek yang percaya diri, mandiri, pintar dan nggak cengeng. Biar kamu punya wajah cantik banget tapi kalo kamu nangisan pasti bakal bikin cowok yang tadinya naksir kamu jadi ilfil. Nggak mau kan cowok gebetan kamu kabur gara-gara kamu cengeng. Ayo jangan jadi cewek cengeng!


Cara Mengatasi.

Biasanya sifat cengeng ini akan hilang seiring dengan waktu dan makin bertambahnya usia kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah semakin terasah. Berikut cara mengatasinya:

1. Apa pun yang terjadi hadapi saja.

  Masuk sekolah baru tak urung membuat saya merasa takut. Memasuki dunia baru di sekolah, teman-teman baru, tantangan dan lingkungan baru, di sana saya bertekad kuat untuk terus maju apa pun yang terjadi. Meski agak takut dalam menghadapi masa orientasi tapi akhirnya saya bisa lulus.

2. Percayalah bahwa segala persoalan pasti ada jalan keluarnya.

  Persoalan yang saya hadapi selalu berakhir. Meski mungkin hasilnya tak sebaik keinginanku. Tapi saya jadi mengerti bahwa persoalan di dunia ini tidaklah abadi. Rod kehidupan selalu berputar. Tak selamanya hari akan mendung dan hujan, ada kalanya hari cerah dan kita pun bersuka cita menyambutnya. Hujan pun adalah rejeki.

3. Selalu berdoa, Tuhan akan memberikan kekuatan untuk kita.

  Setiap menjalani aktifitas selalu berdoa. Ketika kecemasan itu datang, ketika semangat sudah mulai hilang. Saya akan menutup mata dan berdoa pada Tuhan. Dan kurasakan selalu pertolongan dan penghiburanNya menenangkan.

4. Masalah melatih kemampuan kita dalam memecahkan segala persoalan.

  Mama saya selalu bilang tiap saya menangis, bahwa untuk naik kelas harus melewati berbagai ujian. Anggaplah persoalan yang kamu hadapi sekarang adalah untuk menaikkan kelas kamu dalam kehidupan.

5. Stop mengasihani diri sendiri.

  Mengasihani diri sendiri adalah suatu keadaan di mana kita merasa sendirian dalam menghadapi persoalan. Seakan kitalah orang yang paling malang sedunia, butuh ditolong karena masalah kita besar banget. Nggak ada lagi orang yang mengalami situasi sepeti kita. Padahal kalo dipikir masalah yang sedang kamu alami nggak berat-berat amat. Baru muncul jerawat di hidung aja udah merasa jadi orang paling jelek sedunia. Stop! Pandang sekelilingmu. Yakin kamu orang paling menderita sedunia? Gimana dengan orang miskin yang nggak bisa makan setiap hari? Gimana dengan orang yang nggak punya tangan dan kaki tapi bisa melakukan apa saja bahkan bisa jadi motivator terkenal?

6. Senantiasa berpikiran positif.

  Girls, Tuhan tahu apa yang terbaik buat umat-Nya. Dia nggak akan memberi ujian persoalan jika kita tak mampu menanggungnya. Bahkan janji-Nya Dia akan memberi kita jalan keluar jika kita berseru kepada-Nya. Pertolongan akan datang segera. Mulai berpikir positif saja. Lupa bikin PR, telat masuk, baju basah karena kehujanan, nggak bikin kita mati kok. Masih ada napas yang berhembus. Hidup ini indah jika kita bersyukur.


Sisi positif menangis.

1. Mampu meluapkan emosi negatif yang terpendam.
  Cengeng memang identik dengan lemah. Namun secara tidak langsung cewek cengeng lebih terbuka dalam mengungkapkan perasaannya. Ia menjadi tidak takut dalam mengekspresikan dirinya. Menangis adalah cara yang temudah mengungkapkan perasaan. Bukankah seorang bayi hanya menangis jika ingin sesuatu? Karena itu dia menangis.
2. Merasa lega.
  Menangis bisa membuang semua rasa kesal, sedih, rasa frustasi yang terpendam. Biasanya setelah menangis kita akan merasa lebih lega dan ringan sehingga tidak menyimpan rasa sakit.
3. Mencegah berbagai penyakit.
  Menurut penelitian, menangis mampu merangsang otak untuk melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai obat nyeri alami, meningkatkan imunitas tubuh, membuang racun, membunuh segala jenis bakteri dalam tubuh.
4. Mampu berempati terhadap orang lain.
  Dengan menangis kita dapat lebih mudah merasakan keprihatinan bila melihat orang lain menangis. Karena kita pun pernah dalam posisi dia jadi kita lebih mudah menghibur dan menunjukkan empati kita.

Sikap kita terhadap teman yang cengeng:

1. Jangan meremehkan
  Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyikapi sebuah situasi. Ada yang adem ayem, ada yang santai, ada yang panik, bahkan berlinangan air mata seperti si cengeng ini. Intinya jangan anggap remeh teman yang nangisan. Siapa tahu kan dia begitu karena lingkungan keluarga yang selalu memanjakan dia, selalu memproteksi dirinya.
2. Hibur dan kuatkan
  Menangis adalah obat bagi hati yang bersedih. Dengan menangis maka semua perasaan bisa diluapkan. Hiburlah teman yang menangis. Baik memang sifatnya cengeng atau tidak. Jangan malah dibilang, “dia emang gitu, dasarnya aja tukang nangisan. Dah, nggak usah dihibur segala.”  Tega deh, kalo ada orang yang bilang begitu.
3. Dengarkan
  Membuatnya mengungkapkan apa yang ada di hatinya akan membuatnya merasa dihargai dan percayalah dia bukan makin lemah setelah bercerita melainkan makin tegar.
4. Jangan ungkit lagi
  Mengungkit masa-masa saat dia nangis-nangis hanya buang waktu! Percayalah itu hanya akan menambah rasa sakit di hatinya.
5. Anggap dia kuat sama seperti kita
  Lho bukannya cewek cengeng pasti lemah? Kuat gimana? Apanya? Jangan salah. Cengeng juga termasuk kekuatan hanya caranya beda. Dia kuat mental buat nangis di depan orang banyak sementara ada cewek-cewek yang berusaha agar nggak mengeluarkan air mata karena gengsi. Tahan, tahan, jangan netes. Eh, tahunya dia lari ke toilet dan nangis keras-keras di sana. Hadech! Sama aja kan?
6. Biarkan
  Bila semua usaha kita di atas dan dia masih nangis juga, lebih baik kiat biarkan. Mungkin tangisnya akan reda sendiri. Atau kalau emang dia kebangetan cengengnya, baru diajak ngomong keras aja udah melow ya berarti kita harus hati-hati ngomongnya.

Quiz : Kamu termasuk yang mana? Cengeng atau tegar?

1. Menurutmu wajar kah seorang cewek menangis?
  A. Wajar sih selama nggak lebay-lebay amat.
  B. Wajar. Seorang cewek menangis bukan berarti dia lemah.
  C. Wajar banget.
2. Jarimu terpotong ketika memotong buah apa reaksi pertamamu?
  A. Segera ambil kotak obat.
  B. Aduh sakit banget nih. Harus segera diobati.
  C. Oh, jariku. Tolong aku dong! Sambil nangis.
3. Apa yang akan kamu lakukan jika ada temanmu yang suka ngejahilin kamu terus-menerus sampai kamu merasa kesal banget?
  A. Biarkan toh dia cuma bercanda, nanti lama-lama dia capek dan berhenti sendiri.
  B. Balas. Jahil balas jahil. Dikerjain balik kerjain.
  C. Lapor sama guru biar dia dihukum.
4. Jam pertama ada pelajaran matematika yang gurunya galak banget, tapi semalam kamu lupa belajar padahal nanti murid-murid harus maju satu per satu mengerjakan soal matematika. Gimana dong?
  A. Kita lihat dulu soalnya, belum tentu susah.
  B. Harus belajar keras. Apa jadinya kalo aku nanti diketawain satu kelas karena nggak bisa ngerjain soal.
C. Duh, gimana ya? Apa pura-pura sakit aja?
5. Kamu ada di sebuah tempat asing yang konon katanya tempatnya angker. Tiba-tiba kamu ingin buang air kecil. Toilet jauh dari tempat kamu bersama teman-teman. Apa yang akan kamu lakukan?
A. Ahh, kan baru katanya angker. Belum tentu benar. Santai sendiri pergi ke toilet, pasti di sana juga banyak orang.
B. Gimana ya? Ajak satu teman aja cukup.
C. Hiii...serem amat! Nggak mau ke toilet deh, mending pulang. Pipis di rumah.
6. Kamu diajak nonton film yang dramatis banget. Tokoh utamanya menderita sakit yang tak kunjung sembuh. Sementara sang kekasih setia merawat dan mengunjungi tiap hari di rumah sakit. Di akhir cerita udah ketebak si tokoh utama ini meninggal. Apa reaksimu?
A. Itu kan cuma film. Nggak usah lebay pake nangis-nangis segala.
B. Terharu banget sambil sedikit sembab.
C. Udah habis tisu satu wadah. Nggak tahan pengen nangis sepanjang film.
7. Ketika kamu ada di jalan melihat seekor kucing kampung yang tertabrak motor sehingga kakinya luka parah. Apa yang kamu lakukan?
A. Biarkan saja nanti juga sembuh sendiri. Kucing biasanya gitu kan?
B. Kasihan bawa pulang trus diobati.
C. Pasti kucing itu kesakitan banget deh, kata kamu sambil menitikan air mata.
8. Kamu siap pergi ke pesta bersama gebetanmu. Tanpa diduga bajumu ketumpahan sirup dan membuat baju pestamu tak hanya basah namun meninggalkan noda di bagian baju warna putih. Apa reaksi kamu?
A. Lain kali harus hati-hati nih. Sayang kan baju mahal ini. Sekarang ganti aja sama baju yang lain.
   B. Malu banget di depan gebetan tapi harus jaga perasaan biar nggak nangis di sini. Masuk ke kamar. Nangis bentar.
C. Mamaaa...bajuku kotor. Hiks!
9. Ada orang yang bilang ke kamu bahwa ke depan bangsa ini bakal mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan, harga-harga naik dan orang miskin akan bertambah banyak. Apa tanggapan kamu?
A. Hmm, belum tentu benar. Selama kita masih bekerja dan berusaha, miskin jauh-jauh deh!
B. Waduh! Kudu siap-siap strategi ekonomi nih.
C. Wah takut!
10. Kamu sedang sakit, periksa ke dokter ternyata kamu menderita gejala typus apa yang bakal kamu lakukan?
A. Santai aja itu tanda bahwa tubuh sedang kecapekan.
B. Wah, harus jaga makan nih supaya cepat sembuh.
C. Istirahat total.

Kunci jawaban.

Jika kebanyakan dari jawabanmu:
A. Kamu cenderung cuek dan terbilang tegar banget. Di setiap situasi kamu yakin bisa mengatasinya. Nangis dan terharu jauh dari kamu. Tapi kamu perlu lho untuk merasakan empati lebih dalam dalam menolong orang lain yang kesusahan.
B. Ada situasi di mana kamu bisa memilih untuk tegar. Kamu pintar dalam bersikap. Tidak cuek namun tetap peduli pada lingkungan di sekitarmu. Prinsipmu adalah “jangan jadi cewek cengeng.”
C. Kamu cengeng banget. Di satu sisi kamu kadang lebay. Sehingga gebetanmu sempat lari darimu. Mulailah untuk belajar tegar agar bisa meraih apa yang kamu inginkan.
* * * *

Aku dan Arti Kehilangan


 #BlueValley
 #tantangannulis

Saya pernah mengalami kehilangan yang terberat tiga kali dalam hidup. Rasa kehilangan itu begitu membekas di hati sampai sulit hilang. Baru bertahun-tahun lamanya saya bisa melupakan semua itu. 

Yang pertama, saya pernah kehilangan sahabat semasa kecil. Kehilangan ini bukan dalam artian meninggal, tetapi dia pergi dan sampai sekarang kami tak pernah bertemu kembali. Saya kehilangan kontak dengannya, bahkan tak dapat menemukan bahkan di sosial media. 
Yang kedua, adalah papa. Beliau menutup usia saat usia saya masih 17 tahun. Saya merasa amat sedih karena ditinggalkan oleh salah satu orang tua. Saya pun belum sempat membuat bangga papa.
Dan yang ketiga adalah pacar pertama yang dulu sangat saya sayangi. Berduka cukup lama setelah dia memutuskan untuk bersama wanita lain. Saya berusaha untuk bangkit meski rasanya mustahil. Seiring waktu, saya sadari bahwa jalur kami berbeda, baik cara hidup, cara pandang, sampai keyakinan. Sementara aku merindukan pasangan yang nantinya justru membawa saya lebih dekat kepada Tuhan.

Tetapi saya belajar dari semua kejadian tadi. Belajar untuk menerima dengan ikhlas segala yang telah terjadi. Belajar percaya bahwa apa pun di dunia ini semua peristiwa adalah dalam kendali Tuhan. Jika Tuhan ijinkan terjadi maka percaya bahwa saya akan kuat melaluinya. Memang tidak mudah, namun saya terus berdoa, bersekutu dengan orang-orang seiman, terus berkomunitas, meski dalam jatuh bangun, kadang naik kadang turun tetapi Tuhan selalu kuatkan saya. Sehingga bisa melewati semua kehilangan itu.

Dan inilah saya hari ini, dikelilingi oleh orang-orang baru. Mereka yang senang hati menjadi teman baru di hidup saya. Kehilangan papa, membuat hubungan saya yang tadinya jauh dengan kakak laki-laki dan mama saya menjadi dekat. Kami jadi tim yang solid dalam menjalani lika-liku kehidupan. Saya pun akhirnya bertemu dengan lelaki yang mencintai saya, menerima saya, terlebih lagi kami berkomitmen untuk bersama-sama melayani Tuhan. Semoga di tahun depan kami bisa mewujudkan semua mimpi kami. 

Hari baru itu telah datang. Saya tahu bahwa saya takkan pernah bisa menghindari peristiwa kehilangan. Namun, saya berharap jika satu saat nanti mengalaminya lagi, saya bisa lebih kuat dan ikhlas dalam menjalaninya. Karena saya tahu bahwa dalam setiap kehilangan, Tuhan akan ganti yang lebih baik dari sebelumnya. Amin.



Tulisan ini dibuat untuk memenuhi #tantangannulis #BlueValley bersama Jia Effendie