Sebuah Renungan Jangan Biarkan Pertanyaan 'Kapan...?' Mendera Hidupmu

Jangan Biarkan Pertanyaan “Kapan..?” Mendera Hidupmu

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya (Pengkhotbah 3: 1).


Kapan kamu ulang tahun? Kapan kamu mulai sekolah? Kapan kamu les? Kapan kamu lulus? Berbagai pertanyaan itu bisa dengan mudah dijawab. Tetapi akan menjadi sulit ketika pertanyaan kapan itu diakhiri dengan kata 'nikah', 'punya anak', 'punya rumah', 'punya mobil', sampai 'kapan bayar utang?' Karena siapa manusia yang di dunia ini bisa dengan pasti mengetahui kapan tepatnya mereka nikah, punya anak, punya rejeki buat beli mobil, rumah sampai bayar utang.
Haruskah pertanyaan kapan terus mendera kehidupanmu? Sebagian orang mungkin dikaruniai untuk menjawab semua pertanyaan itu dengan mudah. Tapi bagi orang yang sudah lama nggak nikah-nikah seperti yang dialami oleh teman saya, bertanya padanya ‘kapan nikah’ bisa menjadi suatu tekanan di hidupnya.
“Aku percaya Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktu-Nya,” itu yang selalu ia katakan tiap kali ditanya ‘kapan nikah’. Hmm, jawaban yang bijak bukan?
Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. (Amsal 18:21).
Teman saya itu memilih percaya daripada bersedih karena pertanyaan kapan nikah? Sebagai gantinya ia menjalani hari-harinya dengan bekerja, mempersiapkan diri untuk masa depan dan juga menyiapkan diri untuk menjadi seorang istri dan ibu yang baik. Sehingga pada waktu ia bertemu dengan pasangan hidupnya ia sudah siap lahir dan batin.
Satu lagi teman saya yang sukses dalam dunia usaha. Di awal usahanya berbagai pertanyaan kapan kamu sukses, kapan kamu bisa beli rumah, dan kapan kamu bisa bayar utang, selalu membuatnya cemas. Bukannya terus larut dalam kecemasan, teman saya itu memilih untuk melangkah, tekun meski di tahun-tahun pertama usahanya tak terlihat mendatangkan hasil. Namun, masuk tahun ke lima sudah terbukti ternyata usahanya makin berkembang dan ia bisa bayar utang dan mulai mencicil rumah.
Dari cerita di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa tak perlu kuatir, takut bila kita selalu ditanya ‘kapan’. Sebaliknya dengan terus melangkah maju kita bisa meraih semua yang kita impikan. Dan pada akhirnya kita bisa menjawab pertanyaan itu dengan anggun, semua kan indah pada waktunya.
Sementara itu, saya juga harus segera menjawab pertanyaan orang-orang, 'kapan ke Jogja lagi?'

Birthday Cake 6 Jam

Kita semua pasti punya momen yang paling berkesan dan tak terlupakan dalam hidup. Entah itu bikin kita senang, tertawa geli, malu atau malah bikin kita sediiih bangeet! Dan ada kejadian-kejadian yang memang ingin kita lupakan karena saking malunya, udah deh simpen sendiri aja. Ingat aja malu apalagi menceritakannya, he, he, he...

Sebelum cerita saya mau kasih selamat ulang tahun pada mbak Irawati Hamid,  pemilik blog www.irawatihamid.com karena bulan Oktober ini adalah bulan ulang tahun beliau sekaligus ultah blog-nya yang pertama dan juga ultah saya. Yeaa selamat!!! Moga makin kece blog-nya ya! Kritik dan saran nggak ada, karena belum menginjak usia setahun aja udah berhasil menang lomba blog. Jadi mau kasih saran apa?

Okey...lebih baik kita mulai aja ceritanya. Peristiwa paling mengesankan ini terjadi saat saya baru pertama mulai usaha yaitu usaha cake. Biasanya, saya nggak mau terima orderan kue ultah kalo jamnya udah mepet. Maklum saya nggak bisa kerja dibawah tekanan. Harus santai, sambil nunggu inspirasi dulu *hadech. Menghias cake bagi saya waktu itu masih butuh lama. Biar halus krimnya dan bentuknya pun cantik. Kadang saya bingung mau dibikin kayak apa kuenya.

Kira-kira seperti inilah cake birthday yang kubuat waktu itu. 

Hari itu ada satu pelanggan yang pengen pesan cake buat pacarnya yang sedang ultah. Dia datang di waktu yang nggak tepat yaitu jam 12.30. FYI, kami (saya dan mama saya) buka toko kelontong sambil buka warung mie ayam, soto, bakso. Nah, jam-jam segitu kan pas lagi rame-ramenya. Yang bikin syok dia mau ambil kuenya jam 6 sore hari itu juga( halah!).

"Duh, mas gimana ya. Kalo buat besok sih oke-oke aja. Tapi kalo buat nanti, mmm saya nggak yakin bisa," kata saya.

"Please mbak, saya butuh kue itu. Buat kejutan pacar saya," si masnya maksa.

"Nih, uangnya. Saya bayar kontan deh! Karena kilat saya mau kok bayar dua kali lipat," katanya lagi sambil menyodorkan uang ke saya.

"Oke, deh! Saya usahain!" saya mendadak punya semangat buat ngerjain pesanannya. 

"Makasih, mbak! Ntar saya ambil jam 6 sore," kata si mas sambil berlalu.

Dalam hati saya merasa gemetar. Wah, bisa nggak nih?

Melihat uang cash, jadi bikin semangat, he, he, he...

Okey, saya langsung bertindak. Pertama,  saya musti belanja. Karena kebetulan bahan buat kue hari itu habis semuanya. 
Hiaaat...saya pergi belanja secepat kilat, dengan diantar sama kakak cowok saya yang baik hati (karena saya nggak bisa naik motor sendiri). Tapi, upps saya lupa mbonceng nggak pake helm. Yah, terpaksa harus muter ke jalan kecil yang nggak ada polisinya. Hadech, saya udah buang waktu sekitar setengah jam buat acara belanja! 

Sampai di rumah, saya segera meng-eksekusi bahan-bahan yang sudah saya beli tadi. Semoga hasilnya bagus dan ngembang. 
Sambil menunggu cake-nya matang saya membuat krim. 
Beberapa menit kemudian tercium bau wangi. Wangi kue yang matang. Hmm, waktunya pindahin ke rak atas (saya masih menggunakan oven biasa, sodara-sodara bukan oven listrik yang tinggal putar api atas atau api bawah jadi, perlu dipindahin ke atas). Satu, dua, tiga...saya buka pintu oven-nya. Bagus, cakenya sudah ngembang dan hampir melebihi tinggi loyang. Saya pun memegang ujung loyang dengan serbet, namun yang terjadi selanjutnya diluar dugaan saya.
Nggak tahu kenapa tiba-tiba loyang hati yang saya pegang meluncur jatuh dengan manis mendarat di lantai. Oh, tidak! Kue yang ada di dalam loyang yang seharusnya sudah matang sebentar lagi, sekarang hancur tak terselamatkan lagi. 

Saya meratapi kue itu sambil bertanya kenapa ya, saya seceroboh ini. Padahal waktu dah mepet! 

Sakitnya tuh di sini, melihat kuenya jatuh. Hiks!

"Stop Yus, jangan nangis!" Kata mama saya. 

"Kamu harus bikin lagi. Ini pertaruhan nama baik usaha kamu!"

Oh, iya! Betul, saya harus bangkit. Bikin lagi. Untung aja tadi saya belanja lebih. 

Dengan penuh semangat dan kali ini dengan doa dan kepasrahan saya bikin cake bentuk hati. Hati itu lambang kasih sayang semoga dengan cake ini, pacarnya si mas senang. Yeah! 

Kalo dipikir-pikir mas tadi itu romantis ya! Bikin acara kejutan pake pesen cake ultah bentuk hati. Wuih, siapa yang nggak seneng coba, digituin? Andai saya, ultah dikasih cake bentuk hati. Wuahhh!!! *berbinar-binar.

Kembali ke cake saya...! 
Singkat cerita, di waktu yang mepet itu, cake kedua sukses bikinnya. Kali ini nggak pake insiden jatuh lagi karena loyang yang bentuk hati ditaruh di atas loyang persegi. Jadi lebih aman pegangnya. Oya, ini kali pertama saya pake loyang bentuk hati. 

 Cake pun berhasil dikeluarkan dari loyang dengan selamat. Tinggal dihias. Yes!!! Sebelumnya butuh dikipasin dulu sebelum mulai dihias biar menteganya nggak meleleh di atas roti yang masih panas. 

Pukul 17.25 cake saya udah jadi. Hah, nggak nyangka cepet juga.  Nggak perlu lama-lama cari idenya buat menghias, karena warna dasarnya sudah pink. Jadi, saya tinggal membuat bunga-bunga warna merah. Dan hari itu saya berhasil bikin banyak bunga mawar dari krim. Saya yakin ini semua pasti karena tangan Tuhan yang menuntun saya. Thanks God!

Lima menit kemudian si mas udah datang. Nggak sabar rupanya pengen segera kasih kejutan buat pacarnya. 

"Nah, kan mbak. Apa kata saya, mbak pasti bisa!" ujarnya.
He, he, he...saya tersenyum bahagia. Terlihat jelas di wajahnya, dia sangat senang melihat hasil karya saya.

Saya pun bersyukur atas kejadian hari itu. Menurut saya, hal yang jadi momen tak terlupakan ketika menyadari bahwa ternyata saya bisa bekerja di bawah tekanan. Istilahnya, the power of kepepet. Ha, ha, ha...

Pelajaran dan kesan-kesan yang dapat saya ambil dari kejadian itu adalah

1. Berdoa sebelum bekerja itu penting.

2. Biar pun waktunya nggak banyak, kita harus tetap berstrategi agar nggak ada yang kelupaan.

3. Harus sedia bahan-bahan roti biar nggak kelabakan kalo ada pesanan dadakan.

4. Lain kali saya harus memberi alas loyang di bawah loyang hati.

5. Ternyata saya bisa bekerja di bawah tekanan he, he, he. Jadi jangan menyerah sebelum berperang.

6. Membuat cake birthday itu sesuatu banget lho! Apalagi yang pesan adalah pacarnya.

7. Jangan pernah menolak rejeki. Pasti Tuhan kasih jalan dan kemampuan untuk menyelesaikannya.

Nah, itu tadi cerita saya tentang momen paling berkesan dan tak terlupakan. Sekarang giliranmu..



Sumber foto: 

* google search
* IG Indo-psikologi

Sahabat Masa Kecil

Sahabat adalah orang yang menemani kita disaat suka dan duka. Ketika sahabat itu pergi maka kita akan merasa seperti ada yang hilang. Namun kenangan terhadapnya akan terus ada sampai kapan pun.


Ini adalah kisahku & sahabat masa kecil.


Dulu, saya tuh anak yang pemalu, suka nangis, penakut dan nggak punya teman karena pendiam banget! Tapi hari yang indah itu tiba ketika saya kelas 4 SD ada anak pindahan dari Jakarta. Anaknya periang, suka senyum(maksudnya ceria ya, bukan senyum-senyum sendiri lho!), baik dan dia suka menemani saya ketika saya sendirian di kelas. Sejak hari itu, hidup saya berubah. Yang biasanya saya cuma bisa diem di kelas, saya jadi suka main, cerita sama dia. Trus, saya jadi punya teman lain kelas. Lebih ceria, lebih semangat, lebih berani. Pokoknya kalo nggak ada dia mungkin saja saya jadi anak yang susah bergaul sampai sekarang. 

Kami sama-sama suka buku. 

Waktu SD, majalah dan buku cerita anakyang kumiliki lumayan banyak, jadi Diana sering main ke rumahku. Selain itu, kami juga suka ke taman bacaan. Baca berjam-jam tanpa bosan. Beli buku bekas di emperan toko juga sering kami lakukan. Menyisihkan uang jajan kami selama satu minggu biar bisa jajan buku.

Mimpi bersambung.

Dia suka bercerita di kelas. Kalo dipikir-pikir sih, masa iya mimpi bisa bersambung tiap malam? Tapi, itu yang diceritakannya sama kami, teman-teman sekelasnya. 
Kalo nggak salah, ceritanya tentang "Power Rangers" ha, ha, ha. Dan anehnya pemeran dalam mimpinya adalah teman-teman sekelas kami termasuk saya dan Diana. 
"Besok lagi ya..." kata Diana ketika bel masuk berbunyi.
"Yah!!!" keluh anak-anak.
Bikin kami nggak sabar ingin dengar ceritanya lagi.

Berjualan

Ide jualan di sekolah bermula dari kesulitannya dalam mengatur uang jajan yang dikirim sebulan sekali sama papa dan mama kandungnya. 
"Nggak cukup buat bayar SPP sama jajan," keluhnya. 
Diana pun berjualan stiker sama asesoris seperti jepet, gantungan kunci, dll. Tapi nggak berlangsung lama karena dia baik sama semua teman-temannya. Banyak diantara kami yang nggak suruh bayar. He, he, he, Diana pun bangkrut dalam hitungan hari. Namun, seperti kata orang barangsiapa menabur ia akan menuai. Diana juga. Dia sering dapat berkat yang banyak. Uang jajan yang tadinya kurang. Jadi cukup karena teman-temannya suka memberinya jajan. Orang tua kami juga sayang dengannya suka memberinya jajan. 


Masa SMP dan SMA

Saat SMP saya sedih karena tidak bisa satu sekolah dengan Diana. Tapi, itu hanya sebentar karena tiap Minggu bila tak ada kegiatan, dia selalu main ke rumah. Kaset dan buku selalu jadi daya tarik kami. Itu yang bikin persahabatan kami erat. 
Saya selalu kagum dengan ketegaran dan keberaniannya. Bisa dibilang dia nggak pernah terlihat sedih. Padahal dia berasal dari keluarga yang retak dan dia tinggal dengan saudara dari mamahnya. Tapi dia tak pernah terlihat sedih malah dia sering menghibur saya ketika dalam kesulitan. 
"Jangan sedih dong! Jangan sedih dong!" itu yang selalu dikatakannya.
Dan dia pandai membantuku melupakan kesedihanku. 

Ada pertemuan ada perpisahan.

Yang paling sedih dari pertemuan pasti diakhiri dengan perpisahan. Itu juga yang menimpa persahabatan kami. Saat kelas 1 SMA, dia pergi ke Jakarta untuk tinggal bersama mamahnya. Saya kehilangan sekali waktu itu. Andai bisa diulang lagi. Mungkin saya akan menawari dia tinggal di rumahku kalo memang dia sudah tidak betah tinggal bersama bibinya. Ya sudahlah. Doaku semoga kami bisa bertemu lagi setelah bertahun-tahun kami berpisah. Makasih buat semuanya, untuk persahabatan yang indah ini. 

Amsal 17:17 (TB) Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. 


Peran Prive Uri-cran dalam Mengatasi dan Mencegah Anyang-anyangan

Prive Uri-Cran adalah suplemen makanan mengandung Ekstrak Vaccinum macrocarpon (Ekstrak Cranberry), vitamin C, Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidophilus, Frukto Oligo Saccharides, Calcium Lactate Glukonate. Yang aman diminum oleh siapa saja termasuk ibu hamil dan anak-anak. Bisa diminum kapan saja dan di mana saja.
Peran Prive Uri-cran dalam mengatasi dan mencegah anyang-anyangan-Pernahkah anda mengalami sakit buang air kecil? Saya sering. Biasanya saya sering menahan keinginan untuk buang air kecil saat tidur di malam hari. Malas bangun atau udara dingin menjadi penyebab kenapa saya jadi enggan beranjak dari tempat tidur. Akibatnya saya sering mengalami sakit ketika buang air pada pagi harinya. Rasanya sakiiittt banget seperti ada batu yang mau keluar dari saluran kemih saya.
Kebiasaan menahan kencing ini juga sering terjadi saat saya berada dalam perjalanan jauh atau sedang berjalan-jalan di suatu tempat yang jarang ada toilet bersihnya. Biasanya jika terus-terusan seperti itu maka saya mengalami gejala anyang-anyangan. Dan saya sudah pernah mengalami anyang-anyangan dua kali yang disertai demam dan rasa sakit di sekitar perut bawah. Dan nyerinya nggak main-main. Sakit banget!


Anyang-anyangan Berbeda dengan Beser.

Ihh, kamu kok beser terus? Tanya pacar saya ketika melihat saya bolak-balik ke kamar mandi.
Bukan beser, ini anyang-anyangan.
Emang apa bedanya sama beser?
Jelas beda. Kalo beser nggak bisa nahan kencing saat tertawa, batuk, atau loncat-loncat. Kalo anyang-anyangan perasaan mau kencing eh, yang dikeluarin cuma dikit paling setetes. Gitu. Anyang-anyangan juga merupakan gejala awal dari penyakit Infeksi Saluran Kemih(ISK).
Apa sih penyebab anyang-anyangan?
Bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan, sakit buang air kecil, penyebab sakit buang air kecil, dan mengatasi susah buang air kecil?
Mau tahu?
Yuk, kita cek di www.mypriveworld.com.
Apa penyebabnya?
Anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E-coli yang ada di usus besar pindah ke saluran kencing sehingga menempel dan menginfeksi saluran kemih atau biasa disebut ISK(Infeksi Saluran Kencing). Kalo dibiarkan bisa bahaya karena bisa masuk ke dalam ginjal. Akibatnya ginjal dapat terinfeksi bakteri.
Nih, kenapa bakteri E-Coli bisa nempel di saluran kemih.


Akibatnya kamu terkena anyang-anyangan.



Penyebab lainnya adalah:

1. Sering menahan kencing dalam waktu yang lama.

2. Terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi dan teh.

3. Adanya penurunan sistem imun dalam tubuh sehingga mudah terserang bakteri seperti adanya penyakit diabetes.

4. Hamil tua.

5. Masa menopause dan orang lanjut usia.

6. Kurangnya menjaga kelembapan organ intim.

7. Dehidrasi, kurang asupan air putih juga mempengaruhi produksi urine dalam tubuh.


Wanita lebih rentan terkena gejala ISK dikarenakan letak saluran kemih dengan anus yang berdekatan sehingga memudahkan bakteri yang ada di usus besar keluar dan masuk ke saluran kemih. 
Di bawah ini cara agar terhindar dari anyang-anyangan:

1. Tidak menahan kencing dalam waktu yang lama.



2. Membilas organ intim dari depan ke belakang sehingga terhindar dari bakteri E-Coli. 



3. Makan asupan yang mengandung vitamin C dan D seperti buah Cranberry, jeruk, telur, susu, gandum untuh meningkatkan kekebalan tubuh.



4. Menjaga agar organ intim selalu kering. Setelah buang air kecil lebih baik dikeringkan dengan handuk atau tisu yang lembut. Organ intim yang lembab dapat menimbulkan jamur.

5. Biasakan membersihkan dudukan toilet sebelum menggunakannya.

6. Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat. 

7. Hindari memakai celana ketat selama berjam-jam. Sirkulasi udara di organ intim harus selalu dijaga agar tidak lembab.

8. Biasakan selalu minum air putih yang cukup.

Kalo udah terkena anyang-anyangan gimana cara mengatasinya?
Kalo saya mengatasinya dengan cara sederhana: 
1. Minum air putih yang banyak.

2. Mengkompres bagian perut yang sakit.

3. Periksa ke dokter.

Ada juga yang mengobati dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi daun kumis kucing, minum perasan jeruk nipis, minum jus cranberry, dan mengikat jempol kaki dengan karet. 
Cara terakhir pernah saya coba, hasilnya belum bisa dibuktikan dengan pasti apakah sakit anyang-anyangan saya berkurang atau tidak. Yang pasti jempol saya terasa mati rasa atau kesemutan karena tidak ada aliran darah menuju ke sana.
Kalau minum jus cranberry pasti aseeem banget, coba ada ekstraknya. Dan...ternyata ada lho...yaitu
Prive Uri-cran.

Masalah anyang-anyangan bukan sekali dua kali saya alami. Memang yang parah banget cuma dua kali tapi saya termasuk sering mengalami gejala anyang-anyangan. Nah, untungnya saya pernah membaca suatu artikel di vemale.com bahwa ada Prive Uri-cran yang bisa mencegah dan mengatasi anyang-anyangan.


Seperti apa penampakan Prive Uri-cran?Dibuat dari apa? Apa saja kegunaannya? Yuk cek tulisan saya ini :))

Prive Uri-cran terbuat dari ekstrak buah cranberry. 

Cranberry adalah tanaman jenis berry yang buahnya berwarna merah tua. Merupakan tanaman semak dan tumbuh liar. Banyak ditemukan di daerah Kanada dan Amerika bagian utara.
Buah cranberry dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk mencegah sariawan, meningkatkan sistem imun dan menjadi antioksidan alami yang dapat melawan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor.


Manfaat Buah Cranberry




1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih.

2. Mencegah tumor.

3. Mencegah kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga kesehatan gigi.

6. Mencegah penyakit pada sistem pernapasan.

7. Mencegah obesitas.

8. Menghindari diabetes.

9. Efektif mengusir bakteri jahat.

10. Menangani keracunan baik obat maupun makanan.

11. Menjaga kesehatan sistem pencernaan.

12. Melindungi kesehatan mata.

13. Mencerahkan kulit kusam.

14. Menghindari diabetes.

15. Menjaga kecantikan.

Nah, sudah jelas kan manfaat buah cranberry? Kalo cari buahnya dan bikin jus sendiri mungkin merepotkan ya. Sekarang ada yang lebih praktis yaitu Prive Uri-cran, ekstrak cranberry. Hadir dalam bentuk powder maupun kapsul.  Yang bisa diminum kapan saja dan di mana saja. Aman untuk ibu hamil juga. 
Prive Uri-cran diproduksi oleh Combiphar dan sudah tersedia di apotek-apotek terdekat. 



Prive Uri-cran ini cocok untuk diminum oleh orang-orang yang memiliki resiko terkena anyang-anyangan.

Siapa saja yang beresiko?

1. Orang dengan mobilitas kerja yang tinggi sehingga sering menahan buang air kecil.

2. Wanita lebih rentan karena posisi uretra yang dekat dengan anus.

3. Wanita yang aktif secara seksual.

4. Wanita yang sudah memasuki masa menopause.

5. Orang yang menggunakan kateter untuk buang air kecil.

6. Wanita hamil.


Manfaat mengkonsumsi Prive Uri-cran dapat mengurangi resiko terkena Infeksi Saluran Kencing dan juga sakit buang air kecil. Solusi alami mencegah dan mengatasi anyang-anyangan. Dapat diminum kapan pun dan di mana pun.



Katakan selamat tinggal pada anyang-anyangan.




Sumber referensi: www.mypriveworld.com
FP Prive Uri-cran
www.manfaatbuah-asia/buah/17-manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan-dan-kecantikan/
www.kesehatanpedia.com/2014/12/manfaat-buah-cranberry-bagi-kesehatan.html?m=1