Langsung ke konten utama

Resensiku dimuat di Koran Jakarta, Rabu 16 Maret 2016 Menjadi Wanita Cantik Fisik, juga Jiwa

Ini resensi pertama yang kubuat, dengan membulatkan tekad agar berani mencoba dan berjuang agar resensiku bisa selesai secepatnya. Dan setelah resensiku jadi maka aku memutuskan untuk dikirimkan ke salah satu media. Akhirnya memberanikan diri untuk mengirim ke Koran Jakarta. Surprise, e-mailku cepat mendapat respon dan dalam waktu tiga hari naskahku dimuat.
Di bawah ini, naskah asli yang saya kirimkan.

Menjadi Perempuan Cantik Fisik Juga Jiwa

Judul Buku     : Beauty Inside
Pengarang      : Rieke Indriyanti
Penerbit          : PT. Elex Media Komputindo
Tahun terbit    : 2016
Tebal buku      : 214 halaman
ISBN                : 978-602-02-8016-5
Tuhan menciptakan manusia dengan dua jenis kelamin; laki-laki dan perempuan. Setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang dikarunia fisik menawan. Ada pula yang dianugerahi dengan otak cemerlang. Orang bijak bilang, manusia sudah ditakdirkan untuk sukses dengan kondisinya masing-masing.
Namun tidak bagi sebagian orang. Mereka merasa bahwa hidup mereka penuh dengan ketidakberuntungan. Semuanya serba kurang. Kurang ini dan kurang itu. Apalagi bagi makhluk berjenis kelamin perempuan -seperti saya- yang diberikan kelebihan perasaan/emosi di atas rata-rata milik laki-laki. Rasa menjadi titik tertinggi dalam kehidupan seorang perempuan. Hal sepele sekalipun bisa menjadi seolah sebesar gunung. Hal yang sangat sederhana pun bisa berubah menjadi masalah paling rumit sedunia. (Halaman 3).
Kecantikan bukan hanya tentang wajah yang cantik. Tapi tentang cantiknya pikiran, cantiknya hati dan yang paling penting...cantiknya jiwa. (Halaman 4).
Karena kecantikan bukan melulu hanya penampilan fisik. Jauh lebih penting dari itu adalah kecantikan yang terpancar dari dalam diri, dari hati dan pikirannya, yang terlihat nyata dalam sikap, tindak tanduk dan cara bicaranya. (Halaman 15).
Perempuan berfisik biasa yang selalu tampil percaya diri, terlihat jauh lebih cantik dibanding perempuan cantik yang tampil biasa-biasa saja. (Halaman 18).
Makna seksi, bukan melulu fisik. Seksi ternyata lebih kompleks daripada fisik. Seluruh bagian tubuh dan pikiran, ucapan, gerak tubuh serta tindak tanduk berpengaruh terhadap keseksian. Seorang yang cerdas, penuh percaya diri, mandiri dan tidak manja, merupakan perempuan seksi. Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan memiliki keseksian tersendiri. Ingat, seksi bukan hanya bentuk tubuh, tapi lebih berharga daripada itu. (Halaman 27).
Hindari penyakit hati! Ketahuilah bahwa penyakit hati itu dapat mengikis semua kebaikan termasuk kecantikan Anda. So, hindari penyakit hati, agar Anda makin cantik. Lahir dan batin. (Halaman 38). Tebarkan kebaikan dan buang segala penyakit hati. Maka alam semesta akan otomatis mendongkrak kecantikan Anda. (Halaman 46).
Inner beauty seperti dijelaskan pada bagian lain buku ini sangat dipengaruhi oleh sikap di dalam diri. Berarti komunikasi dengan diri sendiri menjadi sangat penting. Nah, kalau sudah berhasil berkomunikasi dengan diri sendiri, maka akan terlihat bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Dalam bahasa awam... bagaimana cara kita bicara, akan terlihat jelas dan menjadi bahan penilaian dari orang lain. Artinya kita akan terlihat lebuh camtik, jika cara bicara kita sesuai dengan situasi dan kondisi. Cara bicara yang tepat akan menambah keanggunan dan kecantikan seseorang. (Halaman 75-77).
Buku ini juga merangkum bagaimana supaya tetap cantik pada masa kehamilan dan setelah melahirkan, cara mengelola keuangan, tips menambah percaya diri, bagaimana menjaga keharmonisan keluarga agar tetap bahagia, terhindar dari perasaan sakit hati dan move on dari masa lalu.
Jalanilah masa sekarang bersama.pasangan Anda, dan tataplah masa depan yang cerah, dengan pasangan. Masa depan tidak bergantung kepada masa lalu, walaupun masa depan tidak pernah ada tanpa masa lalu. Hidup Anda akan lebih nyaman jika menempatkan masa lalu pasangan, pada proporsi yang tepat. Sebaiknya justru kita menguatkan diri pasangan untuk keluar dari masa lalu buruknya, dan menjalani masa sekarang dengan baik serta meraih masa depan bersama.(Halaman 182).
Sahabat perempuanku, hidup ini bukan hanya dinilai dengan materi, pun demikian kecantikan. Fisik ini tidak akan berarti apapun, jika jiwa kita terlalu kotor dalam menemaninya. Apa yang kita raih dengan kerja keras, keringat sendiri, dan daya juang yang tinggi, akan terasa lebih paripurna. Fisik dan jiwa menyatu dalam napas kebahagiaan. (Halaman 214).
Beauty Inside layak untuk dibaca karena penulisnya sendiri adalah seorang model profesioanal yang memiliki wawasan luas bukan saja urusan kecantikan namun juga dalam berbagai bidang. Buku ini merupakan buku kedua penulis yang juga sarjana hukum dan penyandang master bidang kenotariatan dari Univeraitas Padjadjaran, yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, setelah Posing Guide, pada tahun 2011 lalu.
Jadi jika anda perempuan, buku ini merupakan panduan yang tepat bagaimana menjadi perempuan cantik luar dalam. Karena semua perempuan itu cantik, tak terkecuali.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Resensi Novel] Love in Italy-Kisah Cinta 4 Sahabat di Kota Venice dan Verona

Menyusuri Kota Venice dan Verona Melalui Novel RomantisJudul buku  : Love in Italy-Kisah Cinta 4 Sahabat di Kota Venice dan Verona
Penulis     : Rofie Khaliffa
Penerbit    : Sheila
Tahun terbit : 2015
ISBN      : 978-979-29-5102-8“Dalam bentuk kata aku bicara, namun dalam bicara tidak bisa berkata. Sementara dalam cinta, aku tidak bisa keduanya. Itulah cinta di balik mentari yang tak terlihat oleh mata...”
-Juliet Capulet- (Hal 180)Kisah dimulai dari perkenalan tokoh bernama Juliet Capulet. Seorang gadis yang sangat menyukai kisah Romeo dan Juliet, sampai bermimpi untuk tinggal di Verona tepatnya di tempat rumah Juliet berada. Ia kuliah sekaligus bekerja di sana. Suatu hari ia bertemu dengan Pethra, mahasiswa dari Indonesia. Seorang pemuda tampan yang diam-diam menaruh hati kepada sahabat sejak kecil bernama Pelangi. Namun sayang, ia tak berani mengungkapkan perasaannya. Di sisi lain, Bizar teman Pelangi sejak SMA juga menaruh hati pada Pelangi. Bedanya Bizar terang-terangan menunjukka…

[Resensi Novel] Ailurofil

Ailurofil, novel pecinta kucing...Judul buku: Ailurofil
Penulis: Triani Retno A
Editor: Irna Permanasari
Desain sampul: Marcel A.W.
Layout: Ayu Lestari
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: pertama, 2016
Jumlah hal: 184 hl, 20cm
ISBN: 978-602-03-2547-7“Kalo perasaan sayang yang berlebihan pada kucing, disebutnya ailurofilia, pake ‘a’ di belakangnya. Kalo fobia alias takut banget-banget sama kucing, disebutnya ailurofobia atau felinofobia (hal 100).Nasya Aurelia sangat suka kucing. Ia bahkan rela direpotkan ketika kucingnya akan melahirkan. Menyediakan kardus bekas air minum. Membuat tempat senyaman mungkin untuk kucing kesayangannya itu melahirkan. Tapi siapa sangka, kucing itu memilih tempat yang lebih nyaman yaitu kasur empuk milik Nasya. Kehebohan di pagi buta pun tak terelakkan, ia berkutat dengan kegiatan membersihkan tempat tidurnya dan akibatnya terlambat ke sekolah.
Masalah timbul ketika Rio, cowok yang dipacarinya justru sama sekali tidak suka kucing. Apakah Nasya rela …

Menabung untuk Membeli Barang Impian dan Berhemat dengan ShopBack.

Menabung untuk Membeli Barang Impian dan Berhemat dengan ShopBack.
Sumber: google search menabung.(www.dwihadiatmaka.com/2016/02/menabung-untuk-masa-depan-itu-gampang.html?m=1)

Aku ingin begini... Aku ingin begitu...  Ingin ini, ingin itu, barang impianku..banyaaak sekaalii... Ahh, jadi bingung mau beli yang mana dulu. Hmm, perlu pilah-pilih dulu mana yang harus dibeli mana yang tidak ya? Apalagi mendekati waktu pernikahan, mendadak ingin beli peralatan rumah tangga yang bagus-bagus. Waa, jadi harus pintar-pintar atur uang buat kebutuhan rumah tangga. Dan menabung buat beli itu semua. Untung ada ShopBack, yang sedang mengadakan Kontes Blog dengan tema "Kamu Meminta, ShopBack Kabulkan." Nggak pake lama, aku langsung ikutannn. Yes! Thankyou ShopBack. 
Demam belanja online. Yang ini bagus, yang itu bagus, waa ini juga. Sering gitu nggak teman-teman kalo sedang browsing? Toko online kini sudah banyak sekali bertebaran di mana-mana kelihatannya ada di setiap media sosial yang ki…